6 Kiat Sebelum Memberikan Kartu Kredit Pada Anak

by
January 19th, 2012 at 7:19 am

Membekali anak dengan kartu kredit memang tidak selamanya berefek buruk. Dengan diberi kartu kredit maka anak juga akan belajar cara mengelola keuangannya dengan baik. Asalkan, si anak diajarkan dengan benar agar tidak boros.

Selain itu, keuntungan yang sangat besar dari kartu kredit adalah menghindari anak membawa uang tunai terlalu banyak. Sehingga keamanan anak bisa lebih terjamin. Namun kartu kredit juga bisa menjadi bencana jika tidak digunakan dengan bijak.

Agar hal itu tidak terjadi, maka Anda sebagai orang tua harus waspada. Jika anda berencana membekali si kecil dengan kartu kredit, simak dulu tips-tips berikut ini.

1. Ajarkan anak menggunakan kartu kredit dengan bijak
Anda sebaiknya mengajari dan memberi contoh penggunaan kartu kredit dengan baik kepada anak Anda. Namun jika Anda tidak bisa menggunakan kartu kredit dengan baik, kemungkinan besar putra-putri Anda akan mengikuti kebiasaan tersebut. Jadi, selalu ingatkan bahwa kartu kredit merupakan sarana pembayaran non tunia, bukan fasilitas untuk berhutang.

2. Sampaikan bahwa kartu kredit adalah sebuah ‘penghargaan’
Saat memberikan kartu kredit kepada anak Anda, sampaikan bahwa kartu ini adalah hak istimewa yang harus dijaga dengan penuh tanggungjawab. Oleh karena itu mereka harus bijak dalam menggunakannya. Beritahukan juga bahwa Anda akan senantiasa memonitor transaksi yang dilakukan oleh mereka.

3. Kasih peringatan
Anda sebagai orang tua harus bisa bersikap tegas apalagi mengenai kartu kredit. Anda bisa memberikan peringatan bahwa Anda akan mencabut fasilitas kartu kredit jika mereka menggunakannya berlebihan. Dengan begitu anak Anda pasti akan lebih berhati-hati dalam menggunakan kartu kredit itu.

4. Kaji ulang dan diskusikan tagihan selama satu bulan
Jika anak Anda sudah menggunakan kartu kredit selama satu bulan, ini saatnya Anda melihat dan mengkaji tagihan kartu kreditnya. Dengan begitu Anda akan tahu seberapa besar uang yang dia gunakan selama satu bulan ini. Jika berlebihan Anda bisa menasehati atau mungkin menarik kartu kreditnya.

5. Tentukan limit
Orang tua sebaiknya membuat kesepakatan dengan anak mengenai batas penggunaan kartu kredit. Dengan adanya limit tersebut, kedua belah pihak harus konsisten dalam mematuhi kesepakatan yang telah dibuat . Pastikan Anda hanya memberikan satu kredit kepada anak.

6. Usia anak
Sebenarnya tidak ada batasan usia pasti kapan orang tua bisa memberikan kartu kredit pada anaknya. Karena faktanya masing-masing orang tua punya tanggapan berbeda-beda. Yang terpenting adalah, Anda harus dapat melihat kebutuhan dan pemahaman remaja atas kartu kredit. Jika memang anak sudah membutuhkan dan memahami fungsi kartu kredit dengan baik, maka Anda bisa memberikan fasilitas tersebut.

Yang terpenting dari semua itu adalah pengajaran dan pengawasan orang tua. Jika pengajaran dan pengawasan orang tua baik dan benar, maka si anak juga akan mematuhi peraturan yang orang berikan untuk penggunaan kartu kredit tersebut. ;)

Comment di sini