CiriCara: Cara Mengatasi Rekan Kerja Yang Mencuri Ide Anda

by
January 19th, 2012 at 4:47 am

Dalam dunia kerja apapun bisa dilakukan seseorang untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, termasuk mencuri ide orang lain. Meski cara ini salah, tapi banyak orang yang diam-diam menggunakan ide orang lain jadi idenya sendiri. Lalu, apa yang Anda lakukan jika hal ini terjadi pada diri Anda?

Perasaan kesal, marah dan emosi pasti akan terasa saat ide kita dicuri oleh orang lain. Anda pasti akan merasa menyesal dan kecewa telah menceritakan ide Anda pada orang tersebut. Lalu bagaimana cara mengatasi rekan kerja yang curang seperti itu?

Berikut adalah jawabannya!

1. Menilai situasi
Sebelum marah, sebaiknya Anda mengambil langkah untuk menenangkan diri terlebih dahulu. Jangan langsung memprotes dan mengatakan bahwa ide yang dilontarkan rekan kerja tersebut adalah milik Anda. Karena bisa saja bos Anda justru menilai Anda berbohong dan ngaku-ngaku. Ini tentunya akan membahayakan karir Anda.

2. Mengatur diri
Segeralah untuk mengatur diri untuk mengutarakan ide Anda lainnya. Jadi, saat giliran Anda untuk presentasi sudah tiba, Anda punya ide baru. Yakinlah kalau Anda pasti bisa memunculkan ide yang lebih kreatif lagi. Dengan demikian Anda akan aman saat meeting.

3. Hadapi masalah
Setelah meeting usai, maka Anda bisa minta penjelasan dari rekan kerja Anda kenapa dia mencuri ide Anda. Tapi ingat, Anda tidak boleh marah-marah atau bahkan emosi dan memukulnya di tempat kerja. Karena ini hanya akan membuat reputasi baik Anda di kantor jadi tercemar. Lebih baik bicarakan dengan tenang jangan marah-marah.

4. Memberikan ‘hadiah’
Berikanlah ‘hadiah’ kepada rekan kerja yang telah mencuri ide Anda dengan mengucapkan selamat kepadanya. Hal tersebut dapat membuatnya malu dengan dirinya sendiri dan merasa menyesal. Sehingga dengan tindakan itu dapat membuat rekan kerja Anda tidak mengulangi untuk mencuri ide Anda.

5. Maafkan rekan kerja
Agar Anda tidak mempunyai musuh di kantor, sebaiknya maafkan saja perlakuan rekan kerja Anda itu. Tapi ingat, Anda tidak boleh lagi bercerita kepada rekan kerja Anda saat menemukan ide baru lagi. Lebih baik simpan baik-baik ide baru Anda itu.

Itulah lima cara untuk mengatasi rekan kerja yang mencuri ide Anda. Semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk Anda. :)

Comment di sini