5 Tips Aman Menggunakan Transaksi Online Banking

by
January 20th, 2012 at 3:10 am

Tiap tahun transaksi menggunakan fasilitas online banking meningkat. Fasilitas ini menyediakan sebuah sarana bertransaksi yang mudah dan cepat sehingga dipilih oleh banyak orang. Tapi, seberapa amankah transaksi uang menggunakan fasilitas online banking ini?

Soal kemanan, setiap bank telah diberlakukan peraturan hukum. Transaksi perbankan elektronik menyediakan perlindungan yang signifikan bagi pemegang rekening dan juga penyalahgunaan secara elektronik terhadap rekening yang dimiliki.

Tapi jika Anda masih belum yakin dengan kemanan online banking, berikut ada beberapa tips agar transaksi online banking Anda tetap aman. Simak baik-baik yah!

1. Jaga Ponsel Anda
Meski banyak pihak yang mengatakan kalau online banking relatif aman, namun tetap saja Anda harus waspada. Khususnya mereka yang menggunakan mobile banking lewat ponselnya. Sebelum Anda mengunduh aplikasi perbankan apapun, cek dahulu apakah ponsel Anda telah diproteksi dengan baik dari provider. Karena jika tidak ponsel Anda bisa terkena virus dan melakukan transaksi tanpa Anda sadari. Jadi, berhati-hatilah.

2. Rutin Mengecek Rekening
Di samping perlindungan oleh segala program Antivirus dan Firewall yang di-instanll di komputer, Anda tetap berisiko terhadap pencurian identitas. Karenanya disarankan untuk selalu mengecek rekening Anda secara rutin, sehingga jika ada transaksi aneh bisa dilaporkan ke pihak bank secepatnya. Jangan ragu pula untuk melapor ke polisi jika ada yang mencurigakan.

3. Lakukan Kewajiban Anda
Sebelum melakukan transaksi apapun, pastikan benar Anda sedang berhubungan dengan pihak yang bertanggung jawab dan tidak palsu. Verifikasi dahulu informasi seperti nomor yang bisa dihubungi dan alamat jelas jika terjadi kesalahan. Periksakan pula ke bank Anda lewat telepon, nomor rekening yang Anda tuju, mulai dari alamat website hingga nomor rekening yang sah.

4. Gunakan Website yang Aman dan Terpercaya
Untuk mengetahui Anda berada dalam zona internet yang aman mulailah dengan URL yang benar, seperti ‘https’. Anda juga bisa melihat gambar gembok di bagian pojok kanan bawah layar monitor yang menunjukkan apakah website yang Anda masuki aman atau tidak.

5. Jagalah Password Anda
Tranksaksi online banking akan aman jika Anda bisa menjaga username (nama pengguna) dan password (kata sandi) dengan baik. Karenanya buatlah username dan password dengan kata atau kode yang sulit untuk ditebak orang lain. Bila ada, sertakan juga pertanyaan keamanan saat Anda akan bertransaksi.

Itulah kelima cara atau langkah yang perlu diperhatikan saat Anda akan melakukan transaksi keuangan melalui online banking. Dengan cara itu, transaksi online banking Anda akan berjalan lancar dan dijamin aman. :)

Comment di sini