7 Hal Mengapa Facebook Bisa Bikin Anda Dipecat

by
January 24th, 2012 at 7:06 am


Pengaruh media sosial seprti Facebook kini sangat kuat dalam kehidupan orang banyak. Facebook nampaknya sudah menjadi hal yang wajib diketahui oleh setaip orang termasuk para pekerja. Selain bisa bertukar infromasi, Facebook juga bisa menjadi satu media untuk curhat tentang suatu masalah.

Tapi dibalik semua itu, Facebook juga bisa menyebabkan karir seseorang hancur. Bahkan ada beberapa perusahaan yang akhirnya memecat karyawannya hanya karena permasalahan di Facebook. Agar hal ini tidak terjadi pada Anda, sebaiknya baca baik-baik poin ini terlebih dahulu.

1. Rasis & Diskriminatif
Kita semua tahu menjadi seorang yang rasis dan diskriminatif tidaklah baik, namun ternyata masih banyak orang yang berpikiran sempit. Jangan sesekali menjadi orang yang usil mengomentari status orang yang berbau rasis maupun diskriminatif. Anda tidak akan pernah tahu kebijakan kantor yang ternyata menerapkan peraturan akan hal ini. Karenanya jangan sampai Anda melakukan hal bodoh ini karena bisa saja Anda akan dipecat keesokan harinya.

2. Detail Penting
Jangan pernah membeberkan berkas penting mengenai pekerjaan Anda di Facebook. Karena tidak ada satu perusahaanpun yang ingin rahasianya di ketahui oleh publik. Jika Anda ingin tetap bertahan dengan pekerjaan Anda sekarang, sebaiknya jaga privasi Anda dan perusahaan dengan baik.

3. Keagamaan
Agama merupakan kepercayaan seseorang yang perlu dijunjung tinggi. Memposting lelucon atau hal yang menjelek-jelekkan suatu agama sangat tidak etis. Tak hanya berbahaya bagi pekerjaan Anda, namun juga dapat menghasilkan citra yang buruk di mata orang yang melihat update status tersebut.

4. Omongan Buruk Tentang Klien
Kerap kali Facebook menjadi satu media untuk curhat, baik masalah pekerjaan atau pribadi. Jika Anda kesal dengan klien yang Anda tangani saat bekerja, sebaiknya jangan ungkapkan kekesalan Anda melalui Facebook. Karena ini hanya akan mengancam kelangsungan karir Anda.

5. Membenci Tempat Bekerja
Jika Anda memang tidak tahan dengan tempat Anda bekerja, segera undurkan diri. Jangan pernah bertahan di tempat kerja demi uang, namun Anda selalu menjelek-jelekannya. Ini hanya akan menimbulkan citra buruk perusahaan. Selain bisa dipecat, Anda juga bisa dihukum karena telah mencemarkan nama baik perusahaan.

6. Upload Foto
Jagalah nama baik Anda di tempat Anda bekerja. Jangan pernah meng-upload foto yang bisa menimbulkan hal yang negatif. Misalnya, Anda meng-upload sebuah foto diri Anda yang sedang memegang sebotol wine dan bir. Meski Anda tidak mengkonsumsinya, hal ini hanya akan menimbulkan citra yang buruk di mata perusahaan dan bahkan, Anda bisa di pecat.

7. Bicara Buruk Tentang Bos
Meski bos Anda belum berteman dengan Anda di Facebook, jangan pernah sekali-kali memaki bos Anda. Karena bisa jadi ada karyawan lain yang melaporkan hal ini kepada bos Anda. Akhirnya Anda hanya akan dipecat secara tidak hormat. Jika memang sudah tidak tahan, sebaiknya mengundurkan diri saja.

Itulah tujuh hal yang bisa menyebabkan seseorang dipecat dari pekerjaannya. Perlu Anda ingat, meskipun Facebook adalah dunia maya, tapi efek yang diakibatkan Facebook bisa terasa sampai ke dunia nyata. Jadi, berhati-hatilah saat Anda berfacebook ria. ;)

Comment di sini