CiriCara: 5 Cara Menghemat Biaya Tagihan Listrik

Pembayaran biaya listrik setiap bulan terkadang membuat pengeluaran Anda membengkak. Penggunaan alat elektronik yang berlebihan setiap hari menjadi penyebabnya. Bahkan, pengeluaran untuk membayar listrik terkadang lebih besar daripada berbelanja kebutuhan pokok.

Anda tentu ingin menekan anggaran belanja Anda itu. Karenanya, Anda harus pandai-pandai mengatur penggunaan listrik di rumah Anda. Entah itu membatasi jam menyalakan televisi atau barang elektronik lainnya.

Namun jika Anda masih bingung juga bagaimana cara mengirit pengeluaran biaya listrik, berikut ada beberapa solusi yang bisa Anda coba. Karenanya simak baik-baik cara berhemat biaya listrik berikut ini:

1. Tidak menempatkan lemari es di sebelah kompor atau radiator. Karena hal ini sangat berpengaruh besar pada penarikan energi listrik. Sehingga penggunaan listrik akan meningkat dan biaya listrik perbulanpun akan meningkat. Jadi pindahkan lemari es Anda jauh-jauh dari dua barang tersebut.

2. Gunakan bola lampu yang hemat energi. Lampu neon merupakan lampu yang hemat energi dibanding lampu pijar. Satu bola lampu neon dapat menghemat tagihan listrik dan dapat bertahan 10 kali lebih lama daripada lampu biasa.

3. Penggunaan charger telah menjadi bagian dari hidup kita sehari-hari. Entah itu charger handphone, laptop dan charger elektronik lainnya. Nah, kesalahan yang sering kita buat adalah meninggalkan charger yang tersambung dengan listrik seharian. Jangan anggap enteng, jika charger dibiarkan terus-menerus tersambung pada aliran listrik ini akan berpengaruh pada kenaikan tagihan listrik. Selain itu, jika didiamkan seharian, dapat memicu korsleting listrik.

4. Kulkas merupakan salah satu barang elektronik yang memerlukan listrik besar. Karenanya, Anda harus pandai-pandai dalam memilih atau membeli kulkas. Usahakanlah membeli kulkas yang paling hemat energi. Ini akan membantu meringankan tagihan biaya listrik Anda.

5. Pilihlah air conditioner (AC) yang hemat energi. Hampir sama dengan kulkas, AC juga membutuhkan energi listrik yang besar juga. Tapi, jangan khawatir AC modern dapat menghemat hingga 30 persen daripada model lama. Jika terlalu panas, sebaiknya AC tidak dihidupkan. Buka jendela lebar-lebar atau gunakan kipas angin karena lebih hemat energi dibanding dengan menyalakan AC.

Itulah lima solusi atau cara agar tagihan biaya listrik Anda bisa lebih hemat. Selain bisa menghemat biaya listrik, Anda juga sudah ikut serta menjaga kelangsungan hidup karena sudah berhemat sumber energi. Jadi, jangan ragu untuk menghemat panggunaan listrik Anda yah. :)


comments powered by Disqus

Leave a Reply