4 Kesalahan Umum Membuat CV Untuk Melamar Kerja

by
January 25th, 2012 at 2:00 am

Saat seseorang melamar pekerjaan tentu dia akan membawa surat lamaran pekerjaan atau CV. Tidak hanya memiliki kecerdasan dan kepercayaan diri, CV para pelamar kerja juga menjadi salah satu penilaian yang penting agar bisa diterima kerja di suatu perusahaan.

CV merupakan hal yang pertama dinilai saat Anda melamar pekerjaan. Di situlah kesan pertama Anda dinilai. Semakin baik CV yang Anda buat maka semakin besar pula kesempatan Anda untuk diterima kerja.

Tapi, banyak orang yang meremehkan saat membuat surat lamaran kerja. Bahkan, diantaranya ada beberapa yang melakukan kesalahaan di dalam surat lamaran pekerjaan mereka. Apa saja kesalahan yang sering terjadi?

1. Tidak Sesuai
Banyak pelamar yang asal-asalan dalam melamar kerja, padahal mereka mengetahui jika posisi yang diminta tidak sesuai. Padahal ini hanya akan membuat kesempatan mereka itu semakin sempit. Karenanya, pastikan dalam menulis CV dan surat lamaran kerja (resume) harus disesuaikan dengan posisi yang dilamar.

2. Berbohong
Terkadang sering terjadi kebohongan di CV para pelamar kerja. Mereka ingin terlihat sempurna agar bisa diterima kerja dan tidak jarang melebih-lebihkan kemampuan mereka. Padahal kebohongan itu hanya akan membuat malu diri sendiri. Sebaiknya tulislah kemampuan dan keahlian yang memang benar Anda miliki. Sehingga ketika masuk ke ruang wawancara, Anda lebih percaya diri memaparkan kelebihan Anda.

3. Salah Ketik
Banyak yang menganggap remeh salah ketik dalam CV dan resume. Pelamar berpikir, toh para HRD atau perekrut memahami maksudnya. Padahal dari kesalahan ini, perekrut dapat melihat jika Anda adalah orang yang ceroboh dan menganggap remeh akan suatu hal. Tentu kesan pertama yang ditunjukkan menjadi kurang baik.

4. Bertele-tele
Dalam menyusun CV dan resume harus sebaik isinya. Pastikan surat lamaran kerja Anda terorganisir dan mudah dibaca. Jangan menggunakan font yang bervariasi. Font Arial, Calibri atau Times New Roman merupakan font yang paling umum digunakan, font ini juga mudah dibaca. Pastikan tulisannya cukup besar agar pembaca nyaman membacanya. Setiap paragraph jangan terlalu panjang dan bertele-tele. Pastikan Anda menulis kalimat yang baik dan tidak diulang-ulang.

Itulah kesalahan saat membuat CV yang sering dilakukan oleh para pelamar kerja. Ingat walaubagaimanapun, CV atau resume merupakan bagian dari proses pelamaran kerja. Jadi, usahakanlah untuk membuat yang terbaik agar bisa diterima kerja.

Comment di sini