CiriCara: 5 Cara Mengubah Karir Di Usia Muda

by
January 26th, 2012 at 3:36 am

Usia muda adalah masa-masa yang penuh dengan keragu-raguan. Misalnya, ragu-ragu dalam menentukan pekerjaan apa yang cocok untuk diri sendiri. Selain belum mempunyai banyak pengalaman, berkarir di usia muda juga akan menemui banyak masalah.

Jika Anda adalah salah satu dari banyak orang yang belum begitu yakin tentang karir yang dipilih, jangan khawatir karena Anda belum terlambat. Anda masih memiliki banyak waktu untuk mengubah karir. Anda masih bisa berjuang untuk mencapai karir atau cita-cita yang ingin dicapai selama ini.

Agar bisa mengubah karir di usia 20-an, berikut ada beberapa cara yang bisa Anda coba. Selama masih ada waktu apa saja pasti bisa. ;)

1. Menilai Diri Sendiri
Hal yang perlu dilakukan pertama kali adalah menilai diri sendiri. Pikirkan sebenarnya hal apa yang membuat Anda merasa tidak suka dan tidak nyaman berkarir di tempat bekerja sekarang. Ada baiknya jika Anda menulis positif dan negatifnya dari situasi yang Anda hadapi. Hal tersebut untuk mempermudah Anda memutuskan apa yang Anda inginkan secara tepat.

2. Rencanakan Karir yang Baru
Jika sudah yakin ingin merubah jalur karir Anda, sekarang saatnya untuk merencanakan langkah atau tindakan Anda untuk karir yang baru. Tanyakan pada diri sendiri pekerjaan apa yang cocok dan sesuai dengan keinginan. Caranya, Anda bisa memulainya dengan membuat daftar beberapa hal yang Anda sukai. Tuliskan beberapa bidang karir yang ingin Anda coba.

3. Kunjungi Penasihat Karir
Jika Anda masih bingung, cobalah untuk mengunjungi penasihat karir. Mintalah masukan atau saran darinya agar bisa memotivasi Anda. Dengan begitu Anda akan merasa yakin dan percaya diri dengan keputusan apa yang akan Anda pilih nantinya.

4. Lanjut Belajar
Semakin tinggi pendidikannya, maka semakin baik pula karirnya. Cobalah untuk melanjutkan sekolah Anda ke jenjang yang lebih tinggi agar bisa mendapatkan pekerjaan yang benar-benar diidam-idamkan. Ini mungkin memakan waktu beberapa minggu, bulan atau bahkan beberapa tahun untuk belajar, namun tidak ada salahnya dilakukan demi karir yang Anda idamkan.

5. Tetapkan Tujuan
Sebenarnya apa tujuan Anda bekerja sekarang? Jika masih bingung, sebaiknya tentukan tujuan Anda mulai dari sekarang. Pikirkan pekerjaan apa yang ingin Anda miliki, berapa banyak gaji yang Anda inginkan dan lingkungan kerja seperti apa yang Anda mau. Setelah berpikir dan menilai hal-hal yang Anda inginkan dalam berkarir, Anda dapat mulai mencari pekerjaan yang sesuai.

Perlu Anda ingat, perubahan minat dan jalur karir merupakan hal yang wajar dan normal. Anda hanya harus menemukan apa yang menjadi keinginan dan cita-cita Anda. Jadi selagi ada waktu, Anda bisa menentukan kemana karir Anda berjalan. ;)

Comment di sini