CiriCara: 5 Cara Tepat Minta Naik Gaji

by
January 26th, 2012 at 8:21 am

Semua karyawan yang bekerja di suatu perusahaan tentu mengharapkan gajinya bisa naik. Apalagi jika memang mereka sudah merasa kalau kinerjanya pantas untuk dihargai. Apakah kamu juga menginginkan hal yang sama?

Naik gaji menjadi satu momen yang paling ditunggu banyak karyawan di berbagai perusahaan. Tapi, jika kamu hingga saat ini belum juga pernah naik gaji, tidak ada salahnya kalau mencoba mengajukkannya. Dengan syarat kamu sudah merasa kalau kinerja kamu selama ini sudah baik atau bahkan sempurna.

Meminta naik gaji pada bos atau atasan tentu merupakan hal yang wajar. Namun tetap itu semua ada sopan santunya. Agar tidak salah melangkah, coba ikuti kiat-kita berikut ini:

1. Mencari tahu peraturan perusahaan
Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencari tahu peraturan perusahaan. Biasanya perusahaan akan menerapkan peraturan menaikan gaji karyawannya dengan syarat tertentu. Misalnya, karyawan yang bekerja lebih dari 1 tahun, kinerja yang bagus, dan selalu disiplin waktu. Nah, cobalah untuk mencari peraturan di perusahaan kamu bekerja.

2. Daftar keberhasilan
Kamu harus memiliki alasan yang kuat saat meminta kenaikan gaji. Untuk itu, susunlah daftar keberhasilan dan pencapaian kamu selama bekerja untuk perusahaan. Rangkumlah hal tersebut dalam sebuah dokumentasi yang rapi, jelas serta menarik. Sehingga atasan juga bisa memaklumi permintaan kamu ini.

3. Atur Pertemuan
Setelah semua persiapan matang, aturlah jadwal pertemuan dengan atasan. Cari waktu yang tepat. Jangan sampai kamu mengatur jadwal saat pekerjaan bos tengah banyak, atau saat perusahaan diguncang masalah. Karena meminta naik gaji di saat suasana hati atasan buruk hanya akan membuat kamu tertimpa masalah.

4. Langsung pada pokok masalah
Saat pertemuan, utarakan maksud kamu sejelas mungkin, jangan bertele-tele. Komunikasikan secara profesional namun santai. Jangan lupa juga untuk menyebutkan nominal jelas kenaikan gaji yang kamu minta.

5. Jangan mengancam
Meminta kenaikan gaji tidak perlu dengan cara mengintimidasi. Misalnya menyombongkan diri bahwa kamu mampu diterima di perusahaan lain dengan gaji yang lebih besar. Karena ini hanya membuat kamu terlihat buruk di hadapan atasan.

Itulah tata cara meminta naik gaji yang harus kamu patuhi. Dengan cara ini mungkin saja bos atau atasan kamu mau memenuhi permintaan untuk naik gaji yang kamu ajukan. Semoga berhasil. ;)

Comment di sini