CiriCara: 4 Cara Belajar Mencintai Uang

by
January 27th, 2012 at 2:10 am

Banyak orang yang berpikir bahwa orang yang mencintai uang adalah orang yang matrealistis. Tapi, perlu Anda tahu mencintai uang mempunyai makna yang lebih luas. Karena dengan mencintai uang orang bisa lebih disiplin dalam membelanjakan uangnya.

Tenang, Anda tidak akan dijuluki sebagai orang matre karena mencintai uang. Perlu Anda tahu, jika kita sudah belajar mencintai uang maka kita juga akan menjadi lebih dewasa dalam melakukan pengeluaran. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk Anda karena pengeluaran bisa lebih terkontrol. Lalu, bagaimana cara belajar untuk mencintai uang? Berikut jawabannya.

1. Mencintai Penghasilan
Setiap kali ingin menghabiskan uang, ingatlah bagaimana jerih payah Anda bekerja untuk mendapatkan uang tersebut. Buat perjanjian pada diri sendiri bahwa Anda tidak harus selalu membeli barang apapun yang diinginkan. Jika Anda mencintai penghasilan, maka Anda akan berlakukan penghasilan tersebut dengan bijak sehingga pengeluaran yang dikeluarkan pun tidak membludak.

2. Suka Menabung atau Investasi
Berapapun jumlah pendapatan yang diperoleh, harus diatur berapa uang yang akan disisihkan untuk masa depan. Usahakan untuk sering melihat  jumlah uang yang disimpan di tabungan maupun investasi yang semakin lama semakin meningkat jumlahnya, sehingga Anda merasa sayang untuk mengeluarkan dan menggunakan uang tersebut secara berlebihan.

3. Menghargai Uang
Anda harus pandai-pandai dalam menggunakan uang karena uang itu berharga. Jangan sia-siakan uang Anda untuk hal yang tidak penting yang malah akan merugikan Anda. Mungkin Anda akan lebih menghargai uang jika mengingat betapa beratnya perjuangan Anda untuk mendapatkan uang. Dengan ini Anda mungkin akan lebih menghargai uang dan usaha Anda.

4. Bijak Mengeluarkan Uang
Jika Anda ingin belajar mencintai uang, maka bijaklah dalam berbelanja. Anda harus bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Selalu utamakan kebutuhan Anda dibandingkan dengan keinginan Anda. Ini akan sangat membantu Anda bijak dalam mengeluarkan uang.

Itulah empat cara yang bisa Anda coba agar bisa lebih mencintai uang. Dengan begitu ekonomi keluarga Anda akan lebih terjaga dan masa depan akan lebih terjamin. Jadi cintailah uang agar Anda dan keluarga bisa hidup dengan tenang. ;)

Comment di sini