CiriCara: 5 Cara Hilangkan Kantuk Saat di Kantor

by
January 27th, 2012 at 9:17 am

Seringkali rasa letih, mengantuk dan sering menguap pasti pernah dirasakan semua orang saat bekerja. Apalagi saat setelah jam makan siang, pasti rasa kantuk itu akan bertambah kuat. Dan bila terus dibiarkan selama jam kerja, tentu ini akan mengganggu performa kerja Anda.

Mengantuk saat bekerja adalah hal yang alamiah dan wajar. Banyak penyebab rasa lemas dan ngantuk timbul di tengah hari. Misalnya, kurang tidur, makan siang yang terlalu banyak ataupun stres bisa menambah rasa ngantuk Anda. Lalu bagaimana cara mengatasi rasa kantuk saat di kantor? Berikut tipsnya.

1. Minum Kopi
Seperti banyak orang tahu, kopi diketahui dapat menolak atau menghilangkan rasa kantuk. Itulah sebabnya banyak orang yang meminum kopi saat berniat begadang. Jadi, saat Anda mengantuk atau sering menguap di kantor, tidak ada salahnya minum kopi dulu.

2. Minum Teh Hijau
Kopi memang menjadi andalan untuk menghilangkan kantuk. Tapi, terlalu sering minum kopi juga tidak baik bagi kesehatan dan menyebabkan ketergantungan. Cobalah ganti kebiasaan minum kopi dengan teh hijau. Karena teh hijau juga bisa mengurangi rasa lelah dan kantuk serta bisa meningkatkan kewaspadaan kerja.

3. Berdiri dari kursi
Duduk di kursi selama berjam-jam membuat tubuh letih, sehingga memicu rasa kantuk. Agar tubuh tidak letih Anda bisa meregangkan otot atau berjalan sejenak di kantor. Berdirilah satu jam sekali dan lakukan gerakan peregangan otot secara perlahan. Dengan begitu tubuh akan kembali fit dan siap untuk bekerja.

4. Makan telur
Para ilmuan menemukan bahwa protein dalam telur terutama pada putih telur, membantu kita tetap terjaga dan tetap waspada. Protein ini lebih efektif ketimbang karbohidrat yang ditemukan dalam coklat, biscuit dan makanan yang mengandung gula lainnya. Jadi, kalau Anda mengantuk tidak ada salahnya mengkonsumsi telur ayam rebus. :)

5. Tidur lima menit
Rasa kantuk setelah makan siang merupakan hal normal. Hal tersebut karena banyak enzim yang digunakan ketika bangun dan bergerak. Memaksakan tubuh untuk tetap bekerja hanya akan mengurangi konsentrasi. Sebaiknya bila tubuh memberikan sinyal lelah atau ngantuk, sebaiknya turuti saja dengan tidur sejenak sekitar lima menit.

Itulah cara yang bisa digunakan untuk mengusir rasa kantuk akibat letih saat bekerja. Pilihlah salah satu cara tersebut agar performa kerja Anda bisa terjaga dengan baik. Jika performa kerja baik maka pekerjaanpun akan semakin cepat selesai.