CiriCara: 5 Cara Atasi Kebiasaan Telat Datang Kerja

by
February 2nd, 2012 at 6:53 am

Sebagai pekerja biasa, kamu tentu pernah datang terlambat untuk bekerja. Entah itu karena terjebak macet atau bangun tidur kesiangan. Namun jika hal buruk tersebut jadi kebiasaan apa yang sebaiknya dilakukan?

Tentu kamu ingin dijadikan sebagai karyawan yang teladan karena tidak pernah terlambat datang kerja. Tepat waktu bisa jadi cerminan profesionalisme seseorang dan membuat kesan pertama yang positif. Namun, apakah kamu mempunyai kebiasaan telat berangkat kerja?

Jika kamu ingin terlepas dan merubah kebiasaan buruk kamu itu, berikut ada caranya. Simak baik-baik dan buktikan sendiri keampuhannya. :)

1. Pasang Alarm
Jika alasan kamu terlambat kerja adalah karena bangung kesiangan atau telat bangun, alarm bisa menjadi solusi yang tepat. Kamu hanya perlu menyetel alarm pada jam yang sudah ditentukan agar bisa bangun di waktu yang tepat. Ingat, atur waktu alarm di malam hari sebelum kamu tidur. Dijamin alarm akan membangunkan kamu tepat waktu. :)

2. Cari rute jalan terdekat
Jika kamu sering terlambat karena jarak kantor dengan rumah terlalu jauh dan sering terjebak macet, maka carilah jalur alternatif. Cobalah mencari beberapa jalan alternatif yang bisa memperpendek waktu tempuh dari rumah ke kantor. Cara ini paling cocok untuk para pengendara sepeda motor karena bisa melalui jalan yang sempit. :)

3. Siapkan keperluan dari semalam
Kamu sering terlambat karena terlalu lama bersiap-siap untuk ke kantor? Sebaiknya siapkan semua keperluan pada malam hari. Caranya kamu bisa mengumpulkan barang-barang atau berkas-berkas yang memang diperlukan untuk bekerja. Susun semua barang tersebut dan rapikan dalam tas atau taruh di dekat kunci mobil atau motor agar tidak tertinggal.

4. Jangan terima telepon atau email
Terkadang menerima telepon juga bisa menyita banyak waktu kamu. Karenanya jangan angkat telepon saat kamu ingin berangkat kerja, kecuali telepon yang sangat penting. Selain telepon email juga bisa memperpanjang waktu kamu untuk berdandan saat akan berangkat kerja. Jadi hindari kedua hal tersebut agar tidak telat datang ke kantor.

5. Sarapan dengan makanan siap saji
Makanan siap saji di sini bukan berarti makanan yang ada di restoran. Makanan siap saji di sini adalah makanan yang bisa dibuat dalam waktu yang singkat. Misalnya saja, roti selai dengan segelas susu, nasi goreng atau kue yang sudah tersedia di lemari es kamu. Dengan begitu kamu tidak perlu repot-repot membuat sarapan di pagi hari.

Itulah kelima cara yang bisa membantu kamu agar tidak terlambat berangkat kerja lagi. Ingat waktu adalah uang, jadi jangan sia-siakan waktumu dengan datang telat terus menerus. :)

Comment di sini