CiriCara: Ciri-ciri iPad 3

by
February 9th, 2012 at 4:40 am

iPad adalah salah satu produk Apple Inc yang terlaris di seluruh dunia, dan iPad 3 menjadi salah satu perangkat yang paling dinanti dari Apple tahun ini. Fitur-fitur dan kelebihan yang akan dipasang oleh Apple untuk iPad 3-nya menjadi salah satu hal yang paling dinantikan.

Kabarnya, Apple akan membuat iPad 3 dengan tampilan fisik yang lebih tipis dan ramping, 20 persen lebih tipis dan ramping dari iPad 2 yang sudah dulu rilis. iPad 3 ini juga didukung dengan fasilitas layar sentuh atau touchscreen dengan resolusi layar 2048 x 1536.

Selain itu, iPad 3 juga akan dilengkapi dengan baterai yang lebih ringan dan lebih tahan lama dari baterai yang biasa. Bahkan menurut kabar yang beredar, pembuatan baterai khusus untuk iPad 3 ini menelan biaya 20 sampai 30 persen lebih mahal dari baterai iPad sebelumnya. Pengisian ulang baterai ini juga bisa dilakukan tanpa kabel atau wireless.

Lalu apa lagi fitur-fitur baru yang ada di iPad 3 ini? Berikut jawabannya!

1. A6 Processor

Sebelumnya Apple telah melengkapi iPad 2 dengan A5 dual-core ARM Cortext-A9 Processor dengan frekuensi 900MHz, yang didukung A5 PowerVr SGX543MP2 GPU Processor. Ini tentunya membuat iPad 2 menjadi pesaing yang kuat di pasaran tablet dunia.

Dan kini, Apple bertujuan membuat persaingan semakin alot dengan iPad 3-nya. Pemasangan  A6 Quad-core Processor di iPad 3 akan menjadikan kekuatan pengolahan data di tablet ini sama kuat dengan dekstop canggih terkini.

Kevin Krewell, analis senior Linley Grup, mengatakan, “Kami berharap A6 akan berupa quad-core ARM Cortex-A9 yang bakal bisa bersaing dengan prosesor-prosesor mobile terbaik tahun depan. Pada 2012, Nvidia akan menawarkan quad-core Cortex-A9 prosesor, dan Qualcomm akan memiliki MSM8960, prosesor dual-core dengan kelas A15 yang beroperasi pada frekuensi 1.7GHz. Apabila A6 Apple dibuat di 28nm (bukan 40nm seperti yang Nvidia gunakan untuk quad-core-nya) produk yang dihasilkan akan jauh lebih baik.”

2. iOS 5

iPad 3 akan dilengkapi dengan iOS terbaru yakni iOS 5, yang memiliki teknologi multi-touch gesture. Namun, para analis dan pengamat teknologi memprediksi bahwa Apple hanya akan memperkenalkan OS X Lion untuk tablet iPad 3 ini, karena tablet tersebut akan didukung oleh prosesor quad-core.

Fitur iPad 3 ini juga akan dilengkapi dengan fitur multitasking, seperti notifikasi, task-finishing, app-switching, lokasi dan suara latar.

3. Fitur 3D dan Retina Display Baru

Apple sangat antusias memperbarui fitur Retina Display di iPad 2 untuk kemudian diterapkan di tablet terbaru, iPad 3. Fitur Retina Display ini juga pernah diterapkan di iPhone 4. Seturut penjelasan Apple, Retina Display dikembangkan oleh para teknisi Apple yang mampu mengemas jumlah piksel ke dalam layar 3,5 inci milik Iphone model terdahulu. Kepadatan piksel iPhone 4 membuat gambar dan teks terlihat lebih mulus pada segala macam ukuran layar.

Dengan fitur Retina Display yang baru ini layar iPad 3 akan beresolusi 2048 x 1536 piksel. Namun, dikabarkan pemasaran iPad 3 sedikit tertunda karena fitur masalah Retina Display yang baru ini.

Comment di sini