CiriCara: Cara Mudah Olah Foto HDR dari iPhone

by
February 13th, 2012 at 10:00 am

Mengolah foto High Dinamic Range (HDR) dari iPhone sebenarnya mudah. Dengan menggunakan bantuan beberapa aplikasi mengolah foto HDR dengan iPhone bisa dilakukan dalam waktu yang cukup singkat. Mau tahu caranya?

Untuk menghasilkan foto HDR dibutuhkan beberapa foto dengan exposure yang berbeda kemudian digabungkan sebelum melakukan langkah selanjutnya. Karena itulah kebanyakan pengolahan foto HDR ini dilakukan menggunakan PC yang dilengkapi software seperti Photoshop dan Photomatix.

Lalu bagaimana mengolah foto HDR dengan menggunakan iPhone? Komunitas HDRi (HDR iPhoneograph) menjelaskan iPhone bisa mengolah foto HDR dengan bantuan beberapa aplikasi. Lalu aplikasi apa saja?

Aplikasi atau tools yang wajib ada adalah PSE (Photoshop Express) dan iCamera HDR. Sementara aplikasi pelengkap lainnya terserah kamu, bisa menggunakan Filterstorm, Snapsheed atau aplikasi yang lain juga bisa.

Nah agar tidak salah langkah, berikut penjelasan cara mudah memproses foto menjadi HDR ala Komunitas HDRi:

1. Menyiapkan foto hasil jepretan dan membuat foto tersebut menjadi dua file. Satu lebih gelap, satunya lebih terang. Nah, disini aplikasi PSE diperlukan untuk menaikan dan menurunkan exposure dari kedua foto tersebut.

2. Masuk ke aplikasi iCameraHDR untuk menggabungkan dua foto yang sudah diubah tadi.

3. Kembali ke PSE lagi untuk mengurangi noise yang ada di foto yang sudah digabung.

4. Agar hasilnya lebih terang, foto diolah kembali menggunakan aplikasi Photo FX.

5. Langkah terakhir adalah menggunakan aplikasi Iris untuk menambahkan sedikit warna.

Kelima langkah ini bisa memproses foto menjadi HDR tidak lebih dari 4 menit. Cara diatas tidak harus dilakukan untuk mengolah foto menjadi HDR. Karena selera orang terhadap hasil foto itu berbeda-beda.

Nah, untuk hasilnya berikut ada foto HDR yang berhasil diolah Komunitas HDRi:

Foto HDR:

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? ;)