CiriCara: 5 Cara Aman Belanja Online

by
February 14th, 2012 at 4:41 am

Sekarang internet sudah menjadi hal yang umum di masyakarat. Itu karenanya transaksi jual beli lewat internet juga semakin meningkat dan semakin digemari. Namun awas, Anda harus berhati-hati jika akan melakukan transaksi jual beli dengan jumlah uang yang besar melalui internet karena itu bisa mengundang kejahatan cyber.

Belanja online memang akan sangat membantu Anda yang mempunyai aktivitas yang sangat padat. Tapi, sebaiknya berhati-hatilah jika akan berbelanja online melalui sebuah website. Karena bisa saja Anda bertransaksi dengan website palsu yang diolah seorang penipu.

Nah, agar transaksi belanja online Anda tetap aman, cobalah untuk mengikuti cara berikut ini:

1. Bookmark-lah situs belanja yang resmi sebagai informasi penting saat ingin mencari barang di dalam situs tersebut. Ini akan meminimalisir Anda tertipu oleh situs jahat jika Anda mencarinya melalui search engine. Anda bisa mencatat alamat situs resmi itu dari iklan di media yang sudah terpercaya.

2. Hati-hati dengan penawaran harga diskon suatu barang yang dikirimkan ke email Anda. Rata-rata email spam semacam ini membawa link palsu dan attachment yang isinya bisa jadi akan menginfeksi komputer atau laptop Anda dengan virus atau program jahat.

3. Cek dan verifikasi kembali jika Anda mendapatkan penawaran yang tidak masuk akal baik melalui SMS, email, Facebook atau Twitter sebelum meng-kliknya. Carilah info yang dapat dipercaya mengenai penawaran tersebut sebanyak mungkin.

4. Periksa ulang kembali untuk halaman pembayarannya. Jika pembayaran melalui pihak ketiga (eBay atau PayPal) pastikan Anda berada pada alamat yang benar, jangan sampai data kartu kredit Anda dicuri dan disalahgunakan.

Ada baiknya pilihlah situs belanja yang menggunakan sistem transfer antar bank atau pembayaran langsung (cash on delivery) dengan debit atau kartu kredit.

5. Agar lebih aman dari peratas, Anda bisa menginstal komputer atau laptop Anda dengan software yang bisa memblok semua program jahat. Dengan begitu belanja online Anda bisa lebih aman.

Yang terpenting adalah Anda jangan mudah percaya dan tergiur dengan penawaran harga yang super murah dari sebuah online shop. Pastikan dahulu bahwa promo tersebut benar-benar asli dan tidak menipu. :)

Comment di sini