CiriCara: Cara Mudah Agar Anak Mau Sikat Gigi

by
February 15th, 2012 at 2:01 am

Mengajari anak untuk menyikat gigi pagi ataupun malam memang gampang-gampang susah. Pentinganya menjaga kesehatan gigi menjadi salah satu faktor yang mendorong orang untuk mengajari anaknya. Lalu apa yang harus dilakukan agar anak mau mengosok gigi?

Banyak penilitian mengatakan, pentingnya menjaga kesehatan gigi. Dipercaya dengan menjaga kesehatan gigi berarti juga menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tapi, apa jadinya jika si anak malas dan bahkan tidak mau menyikat giginya?

Jika anak Anda tidak mau menggosok gigi, jangan menyerah dulu. Cobalah beberapa cara agar anak mau menggosok gigi siang sesudah makan dan malam sebelum tidur berikut ini:

1. Mulai dari diri sendiri.
Seorang anak akan mencontoh dan mengikuti kebiasaan baik orangtuanya. Jika orangtuanya rajin dan rutin selalu menggosok gigi siang-malam, si anak juga akan mengikuti kebiasaan itu. Jadi, mulailah dari diri Anda sendiri dulu.

2. Beri pelajaran pada si anak.
Anak merasa malas dan bahkan tidak mau mengosok gigi karena dia belum tahu apa efek buruknya. Jadi, cobalah beri tahu dia contoh buruk karena tidak menggosok gigi. Anda bisa mengajak si anak ke dokter gigi untuk mendengarkan penjelasan sederhana dari dokter mengenai pentingnya sikat gigi. Dengan begitu si anak pasti akan mengerti dan rajin menggosok giginya.

3. Bujukan maut.
Anak-anak senang jika dia mendapatkan hadiah, entah itu mainan atau baju baru. Nah, cobalah untuk memberi penawaran kepada anak Anda. Bilang pada si anak bahwa Anda akan membelikan hadiah untuknya jika dia rajin menggosok gigi siang malam selama satu minggu atau satu bulan. Jika sudah terbiasa, maka si anak juga akan terus melakukan kebiasaan tersebut meski tidak ada hadiahnya. :)

4. Belikan sikat gigi baru.
Anak-anak akan merasa penasaran dan ingin mencoba sesuatu yang baru yang terlihat menarik. Cobalah untuk memberikan sikat gigi baru yang unik seperti sikat gigi berbentuk binatang atau sikat gigi yang bergambar kartun. Tentu si anak akan penasaran dan ingin mencobanya. Jika bingung ajak si anak untuk memilih sikat gigi baru sendiri.

Itulah cara mudah agar anak mau menyikat gigi yang bisa Anda coba. Kesehatan gigi yang terjaga akan membuat tubuh lebih sehat. Ingat, kesehatan gigi juga bisa mempengaruhi kecerdasan otak anak. Jadi, jaga baik-baik gigi anak Anda. :)

Comment di sini