CiriCara: Tablet Berciri Islam Pertama di Indonesia

by
February 16th, 2012 at 4:20 am

Demam komputer tablet di Indonesia ternyata belum reda. Tahun ini permintaan komputer tablet diprediksi masih akan tinggi. Apalagi kini ditambah dengan munculnya produk baru komputer tablet yang disebut berciri Islam.

PT Raztel Solusindo Telematika, perusahaan importir, distributor dan pemegang merek di bidang telekomunikasi dan informatika, mencoba menghadirkan sesuatu yang beda di Indonesia. Rencannya awal tahun ini PT Raztel Solusindo Telematika akan meluncurkan produk barunya yakni, QuranPad Raztel A930.

QuranPad Raztel A930 adalah komputer tablet yang berlayar 7 inci dan diperkuat dengan sistem operasi Android 2.2 Froyo. Produk ini juga disebut-sebut sebagai produk tablet Islami pertama di Indonesia.

QuranPad Raztel A930 dilengkapi dengan beberapa aplikasi Islami diantaranya, Al-Quran 30 juz, terjemahan, tafsir dan hadis, waktu salat, arah kiblat, dan panduan untuk haji atau umrah. Soal harga tablet Islami ini akan dijual dengan harga Rp 1.250.000. Murah bukan? :)

Soal desain Raztel A930, layar tablet ini berukuran 7 inci. Bodinya terbuat dari plastik dan dibalut warna hitam pekat. Sedangkan sekeliling sisinya diberi aksen berwarna perak.

Di bagian atas layar terdapat kamera VGA dan lampu indikator baterai. Sedangkan di bagian bawah layar terdapat tombol fisik Back atau kembali ke layar sebelumnya.

Di bagian atas tablet, hanya terdapat tombol power. Di sisi kanan ada tombol untuk mengakses menu dan tombol pengatur volume suara serta lubang mikrofon.

Slot catu daya listrik, slot earphone, slot USB/ethernet converter, slot T Flash/kartu micro-SD, dan dua speaker, semua diletakkan di bagian bawah tablet.

Sedangkan di sisi kiri hanya ada tombol reset. Raztel A930 sama sekali tak dilengkapi kamera belakang. Di bagian ini hanya terdapat tulisan Raztel A930, dan sayangnya mudah terkelupas.

SPESIFIKASI

Sistem operasi: Android 2.2 Froyo
Prosesor: WM8650, 800 MHZ
Layar: Layar sentuh resistif TFT 7 inci WVGA 800×480 (16:9)
Memori internal: 256 MB RAM, 4 GB ROM
Memory eksternal: micro-SD (up to 32 GB)
Bluetooth: Tidak ada
Kamera belakang:Tidak ada
Kamera depan: VGA
Browser: HTML
GPS: Tidak ada
Messaging: Email
Java: Web video dengan YouTube Icon, stereo speaker, audio/video player, e-book, Document to Go (Word, Excel, Powerpoint, PDF), G-mail, Google Search, App market, Clock, G-sensor
Audio jack : 3,5 mm
Baterai: Lithium ion 1450 mAh
Video player: MPEG1/2/4,MJPG, H264
MP3 player: MP2, MP3, WAV, AAC, WMA
WLAN: IEEE802.11b/g/n wireless network
Dimensi: 19,85 x 12,7 x 1.68 cm
Harga: Rp 1.250.000

Kelebihan:
- Tafsir dan hadis bahasa Indonesia
- Waktu salat dengan alarm suara azan
- Arah kiblat dari 435 kota besar di Indonesia
- Video panduan haji dan umrah

Kelemahan:
- Masih menggunakan sistem operasi Android Froyo
- Tak ada kamera belakang
- Layar sentuh kurang responsif

Sumber

Comment di sini