CiriCara: Cara Belanja Hemat Saat Membawa Anak

by
February 17th, 2012 at 2:03 am

Anak-anak akan merasa senang jika diajak jalan-jalan bersama orangtuanya. Tapi, terkadang mereka berbuat nakal dan meminta yang aneh-aneh saat diajak berbelanja. Alhasil, pengeluaran uang Anda menjadi bertambah karena keinginan si anak. Lalu apa yang sebaiknya dilakukan?

Sebenarnya Anda tidak ingin membawa anak saat berbelanja. Namun meninggalkan anak sendirian di rumah juga bisa membuat hati jadi tidak tenang. Jadi, mau tidak mau Anda mengajak anak saat berbelanja.

Tenang, sebenarnya ada kok cara agar belanja bersama anak tetap menyenangkan dan irit. Mau tahu? Yuk, langsung saja simak cara berbelanja irit saat membawa anak berikut ini:

1. Rencanakan.
Sebelum berangkat belanja bersama anak, sebaiknya rencanakan dulu kemana tujuan belanja Anda. Jangan sampai saat belanja nanti, Anda mampir ke toko-toko yang tidak sesuai dengan rencana awal. Ini menghindari pembelanjaan barang yang tidak diperlukan.

2. Membuat peraturan.
Membuat peraturan dengan anak sangat penting dilakukan sebelum Anda pergi berbelanja bersamanya. Anda bisa meminta si anak untuk tidak jauh-jauh dari Anda dan tidak minta jajan sembarangan. Dengan begitu keamanan anak Anda akan lebih terjamin dan belanja bisa tetap hemat.

3. Memilih waktu yang tepat.
Pilihlah waktu yang tepat sebelum Anda pergi berbelanja bersama anak. Anda bisa mengajak anak pergi belanja usai jam makan siang agar si anak tidak mengeluh lapar dan meminta jajan yang “aneh-aneh”.

4. Buat perjanjian.
Membuat perjanjian dengan si anak akan sangat membantu Anda saat ingin pergi belanja bersama. Dengan perjanjian tersebut si anak akan lebih mudah diatur dan pasti tidak akan meminta sesuatu yang “aneh”. Misalnya, Anda bisa membuat perjanjian dengan si anak bahwa Anda tidak akan membelikannya mainan atau barang yang aneh-aneh saat belanja nanti.

5. Membiarkan anak membantu Anda.
Ketika berbelanja dengan anak, tak ada salahnya meminta bantuannya untuk memilih belanjaan yang perlu dibeli. Misalnya ingin membeli pasta gigi, biarkan ia memilih sendiri pasta gigi kesukaannya. Anda juga bisa mengajarinya sedikit cara untuk berbelanja yaitu dengan membandingkan harga. Dengan begitu kegiatan belanja Anda bersama anak bisa menyenangkan dan hemat tentunya.

Inilah cara agar belanja bersama anak menjadi menyenangkan dan hemat. Ingat jangan manjakan anak Anda saat berbelanja karena itu bisa berefek buruk pada perilakunnya. Jadi, berilah anak pengertian mengenai berbelanja yang baik mulai dari sekarang.

Comment di sini