CiriCara: Cara Atasi Bibir Pecah-pecah

by
February 20th, 2012 at 7:08 am

Bibir pecah-pecah dan kasar pasti pernah dialami oleh sebagian besar wanita. Kondisi ini sangat mengganggu percaya diri seorang wanita. Apalagi jika ingin menghadiahi seseorang sebuah ciuman, pasti ini sangat menyebalkan bukan?

Bibir pecah-pecah dan kasar bisa disebabkan oleh banyak faktor misalnya, terlalu lama berada di ruangan ber-AC, merokok atau karena sedang panas dalam. Saat memoleskan lipstick, bibir jadi terlihat jauh lebih kering dan tak sedap dipandang. :)

Nah, agar hal ini bisa cepat diatasi dan bibir kembali halus dan lembab ada kok caranya. Berikut ada beberapa cara menghaluskan bibir yang pecah-pecah. Silahkan kamu pilih salah satu dari kumpulan cara berikut:

1. Minum Air Mineral Yang Cukup.
Biasanya bibir pecah-pecah disebabkan oleh dehidrasi atau kekurangan cairan. Jika dehidrasi, bibir bisa menjadi pecah-pecah, kasar dan kulit mengelupas. Karenanya, minumlah air mineral yang cukup setiap harinya. 1-2 liter air wajib kamu konsumsi dalam satu hari.

2. Konsumsi Vitamin A Serta Vitamin E.
Kedua vitamin tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Konsumsilah menu sayuran hijau, gandum, tomat, wortel, jeruk dan apel untuk memenuhi kebutuhan vitamin A dan E yang dibutuhkan kulit.

3. Oleskan minyak kelapa.
Minyak kelapa juga mempunyai khasiat untuk melembabkan kulit lebih lama. Minyak ini juga bisa digunakan untuk menghaluskan bibir kering dan pecah-pecah. Caranya oleskan minyak kelapa pada bibir sebelum tidur secara teratur.

4. Masker Mentimun.
Mentimun mempunyai kadar air yang banyak dan baik untuk nutrisi kulit dan bisa menghaluskan bibir pecah-pecah. Caranya, parut mentimun kemudian maskerkan pada bibir. Bibir akan cenderung lebih lembut dan tidak kasar, serta rasanya dingin dan nyaman.

5. Madu.
Madu juga bisa mengobati bibir kering dan pecah-pecah. Caranya oleskan madu pada bibir terutama di bagian yang pecah-pecah.

6. Aloe Vera.
Aloe vera memang terkenal mampu membuat kulit lembut dan sehat. Tapi, karena rasanya yang sangat pahit, lebih baik kamu beli saja pelembab bibir yang mengandung aloe vera.

7. Lip balm mengandung susu.
Gunakan lip balm yang mengandung susu sebelum tidur. Biarkan hingga keesokan harinya. Ini akan membuat bibir kamu kembali halus.

Ada dua hal yang perlu kamu hindari saat mengalami bibir pecah-pecah. Pertama, jangan pernah mengelupas kulit bibir, karena bisa mengakibatkan peradangan dan bahkan pendarahan. Yang kedua, hindari mengkonsumsi makanan pedas atau yang menyebabkan panas seperti, durian, nangka dan mangga, karena hanya akan menyebabkan sariawan dan menambah parah bibir pecah-pecah kamu.

Comment di sini