Hal Yang Perlu dan Tidak Perlu Dilakukan Saat Jerawatan

by
February 21st, 2012 at 6:54 am

Banyak orang yang sering salah langkah saat mengatasi kulit wajah yang berjerawat. Ketidak tahuan cara mengatasi jerawat yang benar menjadi penyebabnya. Nah, untuk itu kamu harus tahu hal yang perlu dan tidak perlu dilakuin saat berjerawat.

Cara mengatasi jerawat memang bermacam-macam. Tapi salah memilih cara menghilangkan jerawat justru bisa mengakibatkan efek yang buruk untuk kulit. Karenanya kamu harus berhati-hati.

Agar tidak salah langkah, kamu harus tahu mana yang perlu kamu lakuin dan yang tidak. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dan tidak perlu dilakukan saat kulit berjerawat:

1. Memencet Jerawat Vs Menepuk Jerawat
Kebanyakan orang menyangka kalau memencet jerawat bisa mengurangi jerawat. Faktanya, memencet jerawat hanya akan merusak bagian atas permukaan kulit dan bisa meninggalkan bekas luka, bahkan bekas luka permanen.

Daripada memencet jerawat lebih baik, mencuci wajah pada pagi dan malam hari, tepuk-tepuk dengan handuk lembut. Lalu oleskan krim jerawat yang mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid.

2. Uap Panas Vs Udara Dingin.
Banyak yang beranggapan uap panas dan berkeringat bisa membersihkan kulit sehingga jerawat bisa hilang. Kenyataannya, kulit yang berjerawat akan semakin parah saat berada di udara panas. Lebih baik tunda dulu niat kamu untuk menjalani spa khususnya spa uap panas pastikan kulit kamu tetap berada di udara dingin. Terbukti, es batu juga bisa digunakan untuk menhilangkan atau mengurangi jerawat.

3. Sering Mencuci Wajah Vs Mengobati Jerawat.
Sering mencuci wajah tidak selamanya ampuh untuk menghilangkan jerawat. Meski rajin dan hampir setiap menit mencuci wajah, belum tentu jerawat yang ada di wajah kamu bisa hilang atau mengempis. Ingat, mencuci wajah terlalu sering justru dapat membuat jerawat semakin meradang.

Daripada hanya mencuci wajah, lebih baik kamu mengobatinya dengan beberapa obat atau sabun. Kamu bisa mengobati kulit jerawat kamu dengan menggunakan sabun yang mengandung sulfur atau belerang. Itu jauh lebih baik daripada hanya mencucinya dengan air.

Itulah hal yang perlu kamu perhatikan agar kamu tidak salah langkah dalam mengatasi kulit berjerawat. Karena salah sedikit saja, kulit kamu bisa saja rusak dan justru semakin parah. Jadi, berhatu-hatilah. ;)

Comment di sini