Ini Dia Tipe-tipe Pemegang Uang, Termasuk Yang Mana Kamu?

by
February 21st, 2012 at 8:18 am

Setiap orang mempunyai gaya mengatur dan pengelolaan uang sendiri-sendiri. Masing- masing diantara mereka tentu mempunyai gaya yang berbeda-beda. Karenanya, ada orang yang dikenal sebagai orang yang hemat dan ada orang yang boros. Termasuk yang mana kamu?

Dengan memahami gaya saat memegang dan menggunakan uang, kamu akan tahu termasuk tipe yang mana kamu. Langsung saja yuk simak tipe-tipe pemegang uang berikut ini dan cari tahu termasuk yang manakah kamu?

1. Si Hobi Belanja.
Ciri-ciri: kamu selalu berbelanja untuk memberi hadiah bagi diri sendiri. Berbelanja juga menjadi jalan untuk memperbaiki suasana hati atau demi kesenangan semata. Padahal pembelajaan semacam ini hanya akan menjerumuskan kamu pada pola hidup boros.

Solusi: cobalah untuk mengurangi hobi belanja kamu dengan cara mengalihkannya ke hal yang lain. Misalnya, olahraga, meditasi atau menonton film di rumah. Berusahalah untuk tidak memperdulikan penawaran diskon karena kamu harus menghemat uang.

2. Si Tukang Utang.
Ciri-ciri: suka membeli barang secara kredit walau kamu tidak tahu akan sanggup atau tidak melunasinya. Kamu terlalu menganggap remeh hutang yang harus dibayar dan tidak pernah memikirkannya. Melunasi hutang dengan uang hasil berhutang.

Solusi: mintalah bantuan orang lain untuk mengawasi keuangan kamu. Sebagai langkah awal kamu bisa mancari tahu seperti apa situasi keuangan yang sedang dihadapi. Mintalah bantuan teman untuk mengelolanya lebih baik serta melakukan perubahan sedikit demi sedikit. Ini akan membantu kamu menghindari kebiasaan berhutang.

3. Si Gemar Menabung.
Ciri-ciri: selalu berpikir tentang masa depan dan selalu bersikap siaga. Senang mengumpulkan uang agar merasa lebih aman. Selalu menyisihkan uang untuk menabung walau sedikit. Ini adalah tipe orang yang perlu kamu tiru agar keuanganmu bisa lebih terkendali.

Solusinya: agar kamu bisa menabung, kamu harus bersungguh-sungguh. Jangan dibiasakan berbelanja banyak setelah baru mendapat uang gajian. Jika uang gajian di kirim via ATM, lebih baik jangan ambil semuanya, sisihkan setengahnya.

Itulah tipe-tipe pemegang uang. Sekarang, kamu termasuk yang mana nih, apakah tipe yang suka belanja, tipe suka hutang atau tipe menabung? Cocokan sendiri yah dengan ciri-cirinya! ;)

Comment di sini