CiriCara: Cara Atasi Anak Yang Kecanduan Main Game Online

by
February 22nd, 2012 at 6:35 am

Game online seperti Point Blank dan game online yang ada di Facebook semakin banyak menarik perhatian anak-anak. Meski tidak terlalu memberikan efek yang buruk bagi anak, bermain game online tetap harus dibatasi dan diawasi. Jangan sampai anak Anda menjadi kecanduan.

Seorang anak yang sudah kecanduan cenderung lebih susah diatur dan bahkan tidak mau sekolah hanya karena ingin main game. Nah, jika sudah begini peran orangtua sangatlah penting agar anak tidak kecanduan lebih parah lagi.

Kecanduan game pada anak memang agak sulit untuk dihilangkan. Karenanya perlu trik atau cara khusus agar kecanduan game pada anak bisa diatasi. Untuk membantu Anda, berikut ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi anak yang kecanduan game online.

1. Pengawasan.
Jika Anda mulai merasakan bahwa si anak mulai kecanduan pada game online, sebaiknya segera larang si anak untuk bermain game online. Agar lebih aman lagi, pengawasan orangtua terhadap anak sangatlah penting. Cobalah untuk mengawasi kegiatan yang dilakukan anak setiap hari. Dengan begitu si anak tidak akan berani main game meski dengan cara sembunyi-sembunyi.

2. Simpan Semua Alat Yang Digunakan Untuk Main Game Online.
Anda harus tegas kepada anak agar si anak tidak kecanduan main game. Segera sita peralatan yang sering digunakan anak untuk main game dan biarkan anak bersosialisasi dengan teman-temannya di luar. Ini sangat baik untuk perkembangan mentalnya.

3. Memberi Jadwal.
Jika Anda tidak tega menyita semua mainannya, Anda bisa memberikannya peraturan. Cobalah untuk membuat jadwal kapan waktunya belajar dan bermain game online. Tentunya ini akan mendidik anak untuk disiplin dan dijamin tidak akan kecanduan game online lagi. Tapi, tetap pengawasan Anda sangat berpengaruh pada tingkat kesuksesan cara ini. Jadi terus awasi anak Anda. :)

4. Bermain Bersama Anak.
Cobalah menghabiskan sebagian waktu Anda untuk bermain dan bercanda bersama anak. Berusahalah menjadi orangtua dan teman yang baik untuk anak Anda. Dengan begitu si anak perlahan akan melupakan game online-nya dan lebih memilih bermain bersama Anda.

5. Jangan Beri Uang Jajan Lebih.
Sekarang banyak sekali warnet yang menyediakan aplikasi untuk bermain game online. Karenanya bisa saja anak Anda memilih bermain di warnet setelah Anda melarangnya bermain game online di rumah. Agar hal ini tidak terjadi, lebih baik jangan beri anak Anda uang jajan lebih agar dia tidak bisa pergi ke warnet.

Bermain game online memang mempunyai manfaat, tapi bermain game secara berlebihan itu tidak baik. Jadi, terus awasi anak Anda agar tidak kecanduan game online. :)

Comment di sini