Inilah Bahaya Kesehatan Akibat Kurang Tidur

by
February 22nd, 2012 at 2:27 am

Sering begadang demi menonton bola bisa menghantarkan berbagai kemungkinan munculnya penyakit. Banyak dampak buruk yang akan dirasakan akibat kurang tidur. Selain bisa menghambat kamu dalam beraktivitas, kurang tidur juga bisa memicu munculnya penyakit.

Sebaiknya, jika tidak ada urusan atau pekerjaan yang penting lebih baik jangan begadang. Apalagi tubuh manusia memerlukan istirahat untuk memulai aktivitas selanjutnya. Perlu kamu tahu, berikut ada beberapa bahaya kesehatan yang muncul akibat kurang tidur atau kebiasaan begadang. Simak baik-baik yah!

1. Anti Bodi Melemah.
Mereka yang tidur kurang dari 7 jam per malam bisa 3 kali lebih rentan mengalami rasa dingin. Penelitian menemukan, kurang tidur akan menyebabkan tubuh mengalami kegagalan untuk menjaga respon imun atau kekebalan tubuh secara normal. Untuk memperbaikinya, maka rubahlah pola tidur Anda mulai dari sekarang.

2. Rentan Terserang Diabetes.
Sering begadang juga bisa membuat tubuh rentan terserang penyakit diabetes. Kurang tidur bisa mengembangkan resistansi terhadap insulin, yakni hormon yang membantu mengangkut glukosa dari aliran darah ke dalam sel. Hal ini menyebabkan terjadi proses metabolisme gula yang tidak semestinya. Alhasil tubuh akan terkena diabetes.

3. Resiko Terkena Kanker.
Penggemar olahraga yang tidur kurang dari 7 jam per malam 50 % lebih mudah terkena kanker dibanding mereka yang memiliki kualitas tidur yang baik. Hal ini terjadi karena kurang tidur menyebabkan gangguan metabolisme hormonal sehingga lebih beresiko terkena kanker.

4. Berbagai Rasa Sakit Bisa Timbul.
Tidaklah mengherankan jika sakit punggung atau badan terasa pegal-pegal terjadi dipagi hari setelah begadang. Karena kurang tidur bisa memicu tubuh lebih mudah mengalami nyeri karena kurang istirahat.

5. Mudah Letih atau Lelah.
Tidur yang cukup adalah cara yang terbaik untuk mengistirahatkan tubuh setelah beraktivitas seharian. Jadi jika kurang tidur, maka tubuh juga akan kurang istirahat dan tidak akan kembali bugar. Karenanya tubuh akan mudah terasa letih atau lelah saat beraktivitas. Inilah yang menyebabkan munculnya rasa ngatuk meski sedang bekerja atau kuliah.

6. Tampak Lebih Tua.
Efek dari kurang tidur tidak hanya dirasakan di organ bagian dalam saja, tapi bagian luar juga akan terkena efeknya. Mereka yang kurang tidur biasanya akan memiliki kulit yang pucat dan wajah lelah. Bahkan, kulit juga bisa mengalami keriput akibat kurang tidur.

Sekarang kamu sudah tahukan bahaya sering begadang? Ternyata begadang juga bisa berakibat buruk pada kesehatan tubuh. Jadi, rubahlah kebiasaan buruk kamu dan kurangilah begadang hanya karena nonton sepakbola. ;)

Comment di sini