CiriCara: Cara Menentukan Asuransi Pendidikan Buat Anak

by
February 23rd, 2012 at 7:16 am

Semua orang tua pasti menginginkan anaknya mendapatkan pendidikan yang tinggi. Karenanya banyak orang tua yang memilih asuransi pendidikan untuk membantu menjamin biaya sekolah anaknya. Tapi, apakah Anda sudah menentukan asuransi yang tepat?

Setiap tahun biaya sekolah anak akan semakin meningkat atau mahal. Karenanya perencanaan keuangan pendidikan anak sejak sekarang sangatlah penting. Perencanaan yang perlu Anda lakukan adalah memilih asuransi pendidikan buat anak yang tepat. Bingung menentukan pilihan?

Berikut cara atau tips menentukan asuransi pendidikan yang tepat buat anak Anda:

1. Tetapkan dana pendidikan dan kapan akan diperlukan.
Menentukan jumlah dana pendidikan dari awal sangatlah penting. Hal ini akan menentukan kebutuhan besarnya manfaat jatuh tempo atau manfaat kematian dan jangka waktu polis.

2. Pilih perusahaan asuransi yang murah.
Pilihlah perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi pendidikan yang murah. Pertimbangkan berapa banyak uang yang dapat Anda sisihkan untuk disetorkan kepihak asuransi setiap tahunnya. Karenanya pilihlah perusahaan asuransi yang menawarkan dana lebih murah.

3. Pilih penarikan dana pendidikan yang fleksibel.
Sebaiknya pilih polis (dana penarikan) yang memberikan fleksibelitas sehingga Anda secara bertahap dapat meningkatkan tabungan di masa depan. Jika Anda berencana menyekolahkan anak ke luar negeri, sebaiknya pilih polis yang memang bisa berganti uang misal ke dollar atau euro.

4. Jangan menambahkan cakupan yang tidak perlu.
Banyak perusahaan asuransi pendidikan yang menawarkan banyak pilihan tambahan. Misalnya perawatan rumah sakit, pembedahaan dan penyakit kritis. Sebaiknya berhati-hatilah dengan hal ini karena penambahan tersebut bisa mempengaruhi jumlah tabungan Anda. Jadi, hiraukan saja penawaran tersebut.

Hal yang terpenting dari semua itu adalah, pilihlah perusahaan asuransi yang dapat dipercaya. Pelajari semua hal yang ada di surat perjanjian asuransi. Jika sudah yakin dan tidak keberatan, barulah Anda menyepakati surat perjanjian tersebut. :)

Comment di sini