CiriCara: Ciri-ciri Kecanduan Kafein Dari Kopi

by
February 23rd, 2012 at 2:46 am

Minum kopi menjadi pilihan banyak orang untuk menghilangkan rasa kantuk, baik di tempat kerja atau di rumah. Kandungan kafein yang ada di kopi memang terbukti bisa menghilangkan rasa kantuk. Tapi jangan biarkan tubuh kamu menjadi pecandu kafein.

Selain bisa bermanfaat, kafein juga bisa mengakibatkan dampak negatif pada tubuh. Nah, agar kamu bisa menakar kadar kafein dalam tubuh, yuk kenali tanda atau ciri-ciri tubuh yang kebanyakan mengkonsumsi kafein.

Berikut ciri-ciri tubuh yang kecanduan kafein dari kopi:

1. Berdebar-debar Tak Karuan
Jantung akan berdebar-debar jika terlalu banyak minum kopi, karena dalam kadar tertentu kafein bisa mempengaruhi susunan saraf pusat di otak. Kafein juga bisa meningkatkan tekanan darah sehingga tidak dianjurkan untuk penderita hipertensi dan sakit jantung.

2. Urin Berwarna Kuning Gelap
Warna kuning gelap pada urin merupakan tanda tubuh mengalami dehidrasi. Menurut Amy Gross, pakar diet klinis di New York Presbyterian Hospital, kopi bersifat diuretik yang bisa menyebabkan dehidrasi yang disebabkan kamu akan banyak mengeluarkan urin. Karenanya segera batasi jatah minum kopi kamu mulai dari sekarang.

3. Selalu Gelisah.
Jangtung berdebar-debar, tangan berkeringat dan kamu selalu gelisah adalah tanda kalau kamu sudah overdosis mengkonsumsi kafein. Karena kafein bisa memperburuk stress dan depresi karena mengandung zat penenang kimia pada otak yang disebut adenosin.

4. Gangguan Pencernaan.
Minum kopi secara berlebihan akan mengakibatkan gangguan pencernaan. Perut akan terasa mulas dan mual karena jumlah kafein yang berlebihan akan meningkatkan produksi asam di lambung.

5. Berhalusinasi
Jika kamu sering mendengar suara aneh dan melihat sesuatu yang sebenarnya tidak ada, itu artinya kamu kelebihan menkonsumsi kafein. Berdasarkan penelitian di Inggris, minum kopi sebanyak 7 cangkir dalam sehari bisa meningkatkan 3 kali resiko berhalusinasi.

6. Insomnia
Efek kebanyakan minum kopi yang paling umum adalah insomnia atau susah tidur. Bagi kaum remaja, efek ini tidak terlalu berpengaruh tapi bagi kaum lanjut usia efek ini bisa berdampak serius.

7. Sakit Kepala
Mengkonsumsi kafein dalam jumlah sedikit disebut-sebut bisa mengurangi rasa nyeri akibat sakit kepala. Tapi sebaliknya, jika mengkonsumsi kafein terlalu banyak maka ini akan mengakibatkan sakit kepala. Sakit kepala akan dirasakan orang yang minum kopi sebanyak 6 cangkir.

8. Keringatan.
Kafein mengeluarkan keringat dengan dua cara. Pertama, kafein merangsang sistem saraf pusat, yang mengaktifkan kelenjar keringat. Sehingga jika semakin banyak kafein dalam tubuh, maka keringat yang dikeluarkan juga akan semakin banyak dan ini bisa memicu dehidrasi.

Sebaiknya mulai sekarang perhatikan konsumsi kopi kamu mulai dari sekarang. Jika dirasa sudah berlebih, sebaiknya kurang atau bahkan berhenti sementara untuk menurunkan kadar kafein. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati.!! :)

Comment di sini