CiriCara: Cara Makan Durian Agar Tidak Darah Tinggi

by
February 24th, 2012 at 3:28 am

Mulai dari anak-anak, orangtua, wanita ataupun pria suka dengan buah durian. Buah berkulit duri tebal tapi berdaging manis dan wangi ini sudah menjadi makanan favorit banyak orang. Baunya yang khas juga menjadi daya tarik tersendiri dari buah durian ini. Tapi tidak semua orang bisa menikmati buah yang satu ini, khsusunya mereka yang mempunyai catatan darah tinggi.

Mereka yang punya darah tinggi khawatir tensi darah mereka akan naik jika makan durian. Karena buah durian disebut sebagai buah yang bisa meningkatkan tensi darah jadi tinggi. Akibatnya, buah ini menjadi pantangan buat mereka yang mengidap darah tinggi meskipun mereka termasuk orang yang menyukai durian.

Tapi tenang, mulai sekarang rasa khawatir tersebut bisa teratasi. Ternyata ada kok caranya agar makan durian tidak mengakibatkan darah tinggi. Mau tahu apa seperti apa caranya?

Berikut cara makan durian agar tidak darah tinggi seperti yang diungkapkan oleh Kepala Seksi Kebun Koleksi, Taman Wisata Mekarsari, Joko Sugono. Langsung saja simak caranya berikut ini.

Pertama, yang pasti jangan kalap,” kata Joko saat berbincang dengan Republika.co.id, Rabu (22/2/2012) kemarin.

Cara yang kedua, manfaatkan rongga kulit durian yang terkelupas. Caranya, isi rongga tersebut dengan air bersih, diamkan air itu beberapa saat lalu segerakan diminum. “Jadi, air ini tidak hanya berfungsi untuk menghilangkan bau durian saja,” kata dia.

Ketiga, konsumsi buah Manggis. Buah Manggis ternyata bisa digunakan sebagai ramuan untuk menetralisir efek setelah makan durian agar tidak mengakibatkan darah tinggi. “Habis makan durian, lalu konsumsilah Manggis. Kandungan vitaminnya dapat menetralisir,” kata dia sambil menawarkan.

Menurut Joko, dari tiga cara tersebut, cara yang paling ampuh untuk menetralisir efek dari durian adalah dengan meminum air durian. “Namun, diantara cara tadi, yang paling bagus itu, ya air dari kulit durian,” pungkas dia.

Selain tiga cara tersebut, ada juga yang menyebutkan kalau efek dari durian bisa dinetralisir dengan air kelapa. Paling ampuh dengan meminum air kelapa yang masih hijau atau air kelapa muda.

Terserah Anda mau pilih menggunakan cara yang mana. Yang jelas, sekarang Anda tidak perlu khawatir tensi darah Anda naik lagi karena sudah tahu cara menetralisirnya. Jadi, durian tetap bisa dinikmati meski Anda termasuk orang yang mempunyai darah tinggi. :)

Comment di sini