CiriCara: Cara Menjadi Sahabat Sejati

by
February 24th, 2012 at 1:59 am

Sahabat sejati adalah teman yang selalu setia menemani di kala susah maupun senang. Memiliki sahabat sejati tentu menjadi harapan setiap orang. Karena dengan adanya sahabat sejati hidup akan terasa lebih menyenangkan dan mudah. Tapi, apakah kamu sudah menjadi sahabat sejati untuk teman sendiri?

Selain disukai banyak orang, menjadi sahabat sejati juga akan menimbulkan rasa bangga dan kepuasan dalam hati. Nah, jika kamu belum bisa menjadi sahabat sejati untuk teman sendiri saatnya berubah mulai dari sekarang.

Agar kamu bisa menjadi sahabat sejati, berikut ada cara menjadi sahabat sejati yang harus kamu perhatikan:

1. Pendengar yang baik.
Kunci terbaik menjadi teman yang baik adalah bersedia mendengarkan, tapi bukan hanya mengangguk dan tersenyum ketika teman berbicara. Kita semua tentu memiliki cerita yang ingin dibagi, tapi penting untuk diingat bahwa perlu keseimbangan antara mendengarkan dan berbicara.

Semakin baik kemampuan mendengar kamu, maka teman tidak akan segan untuk terbuka sama kamu. Jadi, berusahalah menjadi pendengar yang baik saat teman berbicara, maka dia juga akan menjadi pendengar yang baik pula saat kamu berbicara.

2. Mengerti kehidupan teman.
Cobalah untuk masuk dan mengerti kehidupan teman kamu. Kenali orang-orang yang dekat dengannya misal, pacar, pasangan atau mungkin anaknya. Jika kamu sudah mengenal mereka maka langkah menuju sahabat sejati semakin mudah.

Teman tidak akan canggung atau merasa malu lagi saat ingin bercerita tentang masalah hidupnya. Entah mengenai pacar, pasangan atau anak. Inilah yang disebut teman sejati.

3. Punya banyak waktu untuk teman.
Cara menjadi sahabat sejati adalah punya banyak waktu untuk teman. Jika kamu dan si dia bisa lebih banyak menghabiskan waktu berdua, maka hubungan pertemananpun akan semakin dekat.

Punya banyak waktu untuk teman akan membuat kamu lebih mengenal karakter teman. Begitu pula sebaliknya, teman juga akan lebih mengenal kamu dan sifat kamu. Sehingga masalah bertengkar dengan teman tidak akan terjadi.

4. Selalu ada saat teman membutuhkan.
Tidak hanya cinta sejati, sahabat sejati juga selalu setia menemani kapanpun dan di manapun. Dengan kata lain, menemani teman saat sedang bersedih atau ada masalah adalah kewajiban kamu sebagai sahabat sejati. Jadi, berusahalah untuk selalu ada saat teman membutuhkan seseorang untuk berbagi masalah. Jangan lupa juga, kamu harus menghiburnya agar tidak bersedih lagi. ;)

Itulah empat cara yang bisa kamu coba agar bisa menjadi sahabat sejati. Ingat menjadi sahabat sejati tidak hanya baik untuk teman saja, tapi juga baik untuk diri kamu sendiri. :)