Inilah Cabai Terpedas di Dunia

by
February 24th, 2012 at 9:15 am

Kota Grantham sebelumnya terkenal sebagai kota kelahiran Mantan Perdana Menteri Inggris, Margaret Thatcher. Tapi, kini Kota Grantham juga dikenal sebagai kota pengerkspor cabai terpedas di dunia. Sensasi pedas pada cabai itu disebut-sebut sebagai sensasi terpedas di dunia. Apa iya?

Penemuan cabai terpedas di dunia ini masih akan dikembangkan oleh petani setempat. Recananya, para petani akan meningkatkan tingkat kepedasan cabai tersebut mencapai 1,17 juta skala scoville (satuan ukuran untuk rasa pedas).

Karena tingkat kepedasan cabai ini sangat tinggi, cabai ini dinobatkan menjadi cabai terpedas di dunia. Hasilnya rekor tersebut juga dimasukkan dalam Guinness Book of Records, karena berhasil mengalahkan rekor kepedasan cabai sebelumnya Bhut Jolokia, dari India.

Penemuan cabai terpedas tersebut bermula dari sebuah ‘kecelakaan’ persilangan cabai yang dilakukan oleh Nick Woods, seorang budidaya cabai ‘infinity chili’ di rumah kaca. Setelah itu, dia kemudian melihat ada tanaman cabai baru yang tumbuh.

“Aku tidak sengaja untuk mengembangkannya. Aku melakukan persilangan cabai di rumah kaca. Suatu hari aku melihat ada tanaman cabai baru yang tumbuh,” kata Woods, seperti dikutip dari Telegraph.

Woods penasaran dan kemudian mencoba buahnya. Dia mengaku rasa cabai tersebut sangat pedas seperti membakar bagian belakang tenggorokan. Bahkan, akibat memakan cabai itu Woods sempat tidak bisa bicara.

“Ketika saya mencoba, rasanya cukup enak, seperti rasa buah yang aneh, tetapi kemudian ada rasa tertunda yang kemudian sangat pedas. Tiba-tiba saya merasa seperti terbakar di bagian belakang tenggorokan, sangat panas sehingga saya tidak bisa berbicara,” katanya.

Setelah mencobanya, Woods merasa gemetaran tidak terkontrol. Ia merasa sakit secara fisik. “Saya tidak merekomondasikan siapapun memakannya dalam keadaan mentah,” katanya.

Rencananya, cabai terpedas di dunia tersebut akan terus dikembangkan. Tapi, untuk mengkonsumsi cabai ini tidak boleh sembarangan. Bagaimana, apakah kamu mau mencoba cabai pedas ini?

Comment di sini