CiriCara: Cara Menaklukan Mertua Yang Galak

by
February 27th, 2012 at 6:34 am

Menikah bukan hanya mengikat dua insan manusia, tetapi juga menyatukan dua keluarga. Sehingga seringkali orangtua dari istri atau suami ikut campur dalam kehidupan rumah tangga anaknya. Hal ini dapat memicu konflik tersendiri dalam rumah tangga anaknya. Terlebih lagi jika mertua mempunyai sifat yang galak.

Kehadiran mertua terkadang bisa membantu menjaga keutuhan rumah tangga anaknya. Tapi apa jadinya jika ternyata si mertua itu galak. Lalu sebaiknya apa yang harus dilakukan untuk menghadapi mertua yang galak?

Berikut ada beberapa cara menaklukan mertua yang galak:

1. Membantu Pekerjaan Rumah.
Terkadang mertua menjadi galak saat melihat menantunya santai-santai tanpa melakukan apa-apa di rumah. Agar mertua tidak marah dengan Anda sebaiknya bangung pagi-pagi dan kerjakanlah pekerjaan rumah misalnya, menyapu atau cuci piring. Entah itu saat mertua ada di rumah kamu atau kamu yang ada di rumah mertua. Pastinya kamu akan disayang mertua.

2. Ringan Tangan.
Ringan tangan ini bukan berarti Anda mudah memukul seseorang, tapi ringan tangan di sini Anda harus lebih peka kepada mertua Anda. Bantulah mertua Anda sebelum mertua meminta bantuan kepada Anda. Terkadang mertua menjadi galak saat mereka melihat menantu yang cuek dan tidak peka saat mertuanya kesusahan. Karenanya tawarkan bantuan sebelum mertua meminta bantuan, ini jauh lebih baik daripada kamu diam saja.

3. Jangan Pelit Pada Mertua.
Apabila Anda mendapatkan bonus dari pekerjaan, tidak ada salahnya jika mengajak mertua bersenang-senang. Atau Anda juga bisa membelikan oleh-oleh karena Anda baru saja pergi keluar kota. Tidak perlu mahal, asalkan ikhlas dalam memberi pasti mertua akan sayang sama menantunya. Karena mertua juga butuh perhatian. :D

4. Bersikap Sewajarnya.
Sebagai orangtua, wajar saja kalau mertua Anda mempunyai sifat yang suka mengatur. Lebih baik kamu turuti saja apa yang mertua mau selama itu tidak bertentangan dengan hati nurani Anda. Tapi jika Anda merasa tidak nyaman, sebaiknya tolak perintah mertua dengan sopan dan beri mertua Anda penjelasan.

5. Jangan Berbohong.
Mertua atau siapapun akan marah jika dibohongi. Jadi sebaiknya jangan sekali-kali berbohong pada mertua kamu apalagi mertua kamu itu galak. Lebih baik jujur dan terbuka saja dengan mertua Anda. Pasti mertua juga akan memakluminya.

Itulah lima cara menaklukan mertua yang galak. Dijamin dengan cara-cara tersebut mertua Anda tidak akan galak lagi tapi justru malah semakin sayang dengan Anda.

Comment di sini