CiriCara: Cara Menabung Yang Baik (Video)

by

Kebiasaan menabung uang setiap hari mempunyai banyak manfaat untuk masa depan. Tapi tidak semua orang bisa melakukan kebiasaan yang baik ini. Apalagi jika orang tersebut sudah terbiasa hidup boros dan suka berbelanja.

Menanamkan rasa gemar menabung memang tidak mudah. Tapi asalkan ada niat dan kesungguhan dalam hati, pasti menjalankan kebiasaan menabung bisa lebih mudah. Nah bagi kamu yang baru mulai belajar menabung lebih baik ikuti cara berikut ini.

Berikut beberapa cara menabung yang baik bagi pemula:

1. Bertahap.
Jika kamu sudah bertekad untuk menabung, maka mulailah dengan menyisihkan sedikit uang dari gaji atau uang jajan kamu. Ini membantu agar menabung tidak terasa berat. Nanti jika sudah terbiasa, kamu bisa menyisihkan uang yang lebih banyak lagi untuk ditabung.

2. Berpikir sebelum membeli.
Jika kamu hendak membeli barang lebih baik pikirkan dahulu matang-matang. Pikirkanlah barang yang akan kamu beli itu bermanfaat atau tidak. Jika tidak bermanfaat lebih baik urungkan niat kamu untuk membelinya.

3. Gunakan celengan.
Jika menabung di bank, kamu masih bisa mengambilnya. Makanya, lebih baik pilihlah sebuah celengan untuk menabung uang kamu. Pilih celengan yang hanya bisa digunakan sekali, sehingga kamu tidak akan berani membongkar celengan itu. Karena jika dibongkar itu artinya kamu harus membeli celengan baru. Dengan begitu uang kamu akan aman sampai kamu benar-benar membutuhkannya.

4. Biasakan hidup hemat.
Terdapat banyak cara untuk berhemat tanpa harus menderita. Misalnya, membawa bekal makanan dan air minum dari rumah sehingga kamu tidak perlu membelinya. Berhenti merokok, memanfaatkan diskon juga bisa menjadi salah satu cara untuk hidup hemat. Setelah program hidup hemat kamu berhasil, maka kamu akan mendapatkan uang lebih untuk ditabung. Bagaimana, mudahkan? ;)

Itulah cara yang mudah untuk menanamkan kebiasaan menabung mulai dari sekarang. Perlu kamu ingat menabung memiliki banyak manfaat untuk kamu. Karenanya biasakanlah untuk menabung mulai dari sekarang.

Berikut ada sepenggal kisah bagaimana pentingnya menabung untuk masa depan. Langsung saja simak kisahnya di video berikut ini:


comments powered by Disqus

Leave a Reply