Misteri Kenapa Orang Bertangan Kidal

by
February 29th, 2012 at 7:32 am

Kebanyakan orang melakukan aktivitas seperti menulis, makan dan bermain bulutangkis dengan menggunakan tangan kanan. Tapi, tidak jarang pula ada yang menggunakan tangan kiri atau disebut orang kidal. Lalu kenapa orang tersebut bisa kidal?

Sebenarnya, orang kidal adalah orang lebih suka dan biasa menggunakan anggota tubuh bagian kirinya untuk melakukan suatu hal. Tidak hanya tangan, bagi sebagian pemain sepak bola yang kidal mereka juga lebih mahir menggunakan kaki kirinya dibanding dengan kaki kanannya.

Menurut para peneliti, mereka yang bertangan kidal biasanya disebabkan oleh faktor biolgis yakni genetis (keturunan) dan lingkungan. Coba lihat, biasanya anak yang bertangan kidal pasti mempunyai salah satu anggota keluarga yang kidal juga. Langsung saja simak penjelasan berikut. ;)

1. Faktor Eksternal (Lingkungan)
Manusia dikenal sebagai makhluk sosial, itu karenanya setiap manusia diwarisi kemampuan untuk berinteraksi dan meniru untuk beradaptasi. Jika lingkungan hidupnya memaksa orang tersebut menggunakan tangan kiri sejak kecil, maka orang tersebut akan menjadi orang kidal. Inilah yang dinamakan kemampuan adaptasi dari manusia.

Karena sebagian besar manusia selalu mengikuti dan mengimbangi perubahan di lingkungan hidupnya. Seperti gaya berbicara, di Indonesia saja setiap daerah mempunyai gaya berbicara yang berbeda-beda. Jadi, dengan kata lain orang kidal menjadi kidal karena terbiasa dan dorongan dari lingkungan. Faktanya semua orang bisa menggunakan tangan kiri untuk menulis, hanya saja perlu latihan dan waktu yang lama.

2. Genetik.
Berdasarkan teori genetis atau genetik (keturunan), orang menjadi kidal karena memiliki pasangan alel DS. Dimana alel gen D adalah gen yang membawa sifat dari individu bertangan kanan. Dan alel S adalah gen yang membawa sifat dari individu bertangan kiri. Sehingga orang yang memiliki sepasang alel DS bisa menggunakan tangan kanan dan kiri namun lebih condong menggunakan tangan kiri (kidal).

Alasan kenapa banyak orang menggunakan tangan kanan adalah karena kebanyakan orang memiliki sepasang alel DD. Jumlah alel D memang lebih banyak dibanding dengan alel S. Itulah sebabnya banyak yang mewariskan gen alel D pada anaknya.

Itulah yang menyebabkan kenapa masih ada sekitar 15% orang yang kidal. Sebenarnya orang kidal bukanlah suatu hal yang aneh. Kamu juga bisa menjadi kidal dengan belajar dan praktek setiap hari. Coba sendiri jika tidak percaya!! :)

Comment di sini