CiriCara: Cara Agar Pisau Cukur Tetap Awet

by
March 1st, 2012 at 7:38 am

Berapa kali Anda berganti pisau cukur Anda selama satu minggu? Tapi sekarang Anda bisa lebih hemat lagi dalam berbelanja pisau cukur. Perlu Anda tahu, ternyata ada lho cara agar pisau cukur tetap awet alias tahan lama. Mau tahu seperti apa caranya?

Pisau cukur pada umunya hanya bisa bertahan paling lama satu minggu. Apabila perawatannya tidak baik, pisau cukur bisa lebih cepat tumpul dan tidak bisa digunakan (harus dibuang). ;) Nah, jika Anda ingin agar pisau cukur Anda tetap awet, ikuti cara berikut ini:

1. Bersihkan sampai bersih.
Setiap kali Anda selesai memakai pisau cukur, jangan lupa untuk membersihkan pisau cukur Anda dengan segera. Pastikan tidak ada bulu-bulu atau kumis yang tertinggal di pisau cukur Anda. Gunakan kain lap untuk mengeringkan pisau cukur yang basah.

2. Taruh ditempat yang kering.
Setelah memastikan pisau cukur bersih dan kering, sebaiknya simpan pisau cukur di tempat yang bersih dan kering. Jangan simpan di tempat sikat gigi atau kamar mandi. Selain bisa membuat pisau cepat tumpul, bakteri di kamar mandi juga bisa saja menyebar ke pisau cukur Anda. Jadi, pastikan menyimpan pisau cukur di tempat yang benar-benar aman dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. :D

3. Asah Pisau Cukur.
Jika sudah mulai tumpul atau tidak tajam, Anda bisa mengasahnya agar kembali tajam. Caranya, sediakan sepotong celana jeans (lama atau baru tidak masalah). Setelah bercukur atau sebelum bercukur cobalah untuk mengosokkan pisau cukur ke kain celana jeans tersebut.

Taruh potongan jeans di tempat yang benar-benar rata, gosokan pisau cukur berlawanan dengan arah saat Anda bercukur (didorong bukan ditarik). Jangan sampai salah arah dalam menggosok, karena bisa saja jeans Anda yang sobek karena tersayat pisau. Gosokan pisau cukur sekitar 10-15 kali dengan cepat. Ingat harus searah bukan bolak-balik!! :D

Tidak perlu menekan dengan keras, cukup sedikit tekanan saja yang diperlukan. Pastikan Anda hanya mengasah ujung pisau cukur, dengan kata lain, jangan “mencukur” celana Anda. Tempatkan pisau cukur dengan benar sehingga pisau cukur meluncur di atas permukaan jeans dan bukannya memotong jeans Anda.

Itulah cara agar pisau cukur Anda tetap awet. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? ;)

Comment di sini