CiriCara: Cara Cepat Mengobati Sariawan

by
March 1st, 2012 at 3:29 am

Sariawan memang bukan merupakan penyakit yang serius dan mengancam jiwa. Tapi, sariawan kerap kali membuat orang merasa tidak nyaman terutama saat akan makan dan berbicara. Sebenarnya ada gak sih cara cepat untuk mengobati sariawan?

Sariawan bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti stres, luka di mulut, alergi makanan, siklus haid, terlalu banyak minum antibiotik atau asam. Daerah yang sering terkena sariawan adalah, bibir, lidah, gusi, pipi serta langit-langit mulut.

Sariawan bisa mengakibatkan perdarahan, bengkak dan serta warna yang memerah. Jika terjadi pada anak sariawan juga bisa membuat nafsu makan anak menurun. Anak tidak akan mau makan karena merasakan sakit saat mengunyah atau menelan makanan.

Tapi tenang, jika Anda ingin cara cepat mengobati sariawan berikut ada caranya. Simak baik-baik yah cara cepat mengobati sariawam berikut ini:

1. Berkumur dengan air garam.
Kandungan garam dapat menarik cairan pada luka sariawan sehingga dapat mempercepat penyembuhan. Berkumur dengan air hangat yang dicampur garam tiga kali sehari dapat menyembuhkan luka sariawan dengan cepat.

2. Minum yogurt
Cara ini juga bisa diterapkan pada anak Anda yang sedang mengalami sariawan. Yogurt membantu keseimbangan bakteri di mulut dan tubuh. Hal ini akan mempercepat penyembuhan dan membantu mencegah sariawan. Untuk merasakan hasilnya, pastikan yogurt mengandung acidophilus hidup.

3. Bilas mulut dengan obat tradisional.
Bilas mulu dengan salah satu dari beberapa obat tradisional, seperti lidah buaya, ekstrak biji anggur, peroksida hidrogen, jus plum tea tree oil dan air hangat dengan garam.

4. Oleskan luka dengan bawang dan pepaya.
Menerapkan langsung obat ke luka sariawan juga dapat mempercepat proses penyembuhan. Gunakan bawang mentah, pepaya atau kantong teh langsung pada luka sariawan. Jika terlalu sakit sebaiknya jangan dipaksa. Lakukan secara perlahan sampai rasa sakit itu mulai hilang.

5. Coba baking soda.
Campur baking soda dengan air yang dijadikan obat kumur atau pasta untuk melapisi luka sariawan. Baking soda akan membantu menghilangkan bakteri di dalam mulut dan mengurangi rasa sakit.

6. Minum vitamin.
Studi menunjukkan sariawan lebih sering terjadi pada orang yang kurang vitamin B. Dengan minum vitamin C, zat besi dan asam folat sariawan akan segera hilang. Karena vitamin C, zat besi dan asam folat juga berperan dalam mencegah dan penyembuhan sariawan.

Bila sariawan tak kunjung sembuh hingga 2 minggu atau lebih, maka sebaiknya temui dokter. Ini adalah tanda kondisi yang lebih serius yang perlu ditangani secara medis. Jadi, periksakan diri Anda atau anak Anda sebelum semuanya bertambah parah.

Comment di sini