CiriCara: Cara Membuat Keripik Singkong Yang Gurih dan Renyah

by
March 1st, 2012 at 8:26 am

Keripik merupakan salah satu camilan favorit yang pastinya disukai oleh banyak orang. Salah satu jenis keripik yang paling diminati adalah keripik singkong. Meski banyak yang bilang kalau membuat keripik singkong itu mudah, tapi jika menggunakan cara yang salah keripiknya pasti tidak akan renyah.

Kebanyakan orang membuat keripik singkong selalu mengeluh hasilnya tidak bagus. Mulai dari tidak gurih dan renyah serta ukurannya menciut. Ada juga yang mengatakan kalau saat digoreng keripik singkong malah bertumpukan dan susah dipisahkan. Sebenarnya apa yang salah?

Nah, jika kamu ingin hal-hal semacam itu tidak terjadi berikut ada cara membuat keripik singkong yang renyah dan gurih. Langsung saja simak baik-baik cara membuat keripik singkong yang renyah dan gurih berikut ini:

Resep Keripik Singkong
Bahan:

- Singkong (pastikan yang masih segar dan berukuran besar dan isinya berwarna putih tidak ungu)
- Bawang putih
- Garam
- Air kapur sirih
- Air
- Minyak goreng

Cara membuat:
- Kupas singkong dan pisahkan dari kulitnya kemudan cuci hingga bersih.
- Potong-potong atau iris tipis singkong yang sudah bersih. Pastikan irisan harus tipis dan rata agar tidak keras.
- Haluskan bawang putih dan garam, lalu masukkan dalam air secukupnya, tambahkan sedikit saja (sekitar 1 sendok makan) air kapur sirih.
- Masukkan irisan singkong ke dalam air yang sudah dibumbui lalu rendam (sekitar ½ jam atau semalaman) agar bumbu bisa meresap. Setelah itu tiriskan.
- Keringkan singkong yang habis direndam tersebut sampai benar-benar kering tapi tanpa sinar matahari langsung.
- Siapkan dua tempat penggorengan, satu dengan minyak dengan suhu sedang (goreng sampai setengah matang) dan yang satunya lagi dengan minyak yang sudah panas (goreng sampai matang).
- Setelah melalui tahap penggorengan, kripik bisa langsung dimakan.
- Untuk menambah rasa sedap, Anda bisa memberi bumbu tambahan misalnya diberi garam, keju atau bahkan sambal balado.

Sedikit tips, pilihlah singkong yang besar dan masih segar. Jika singkong tidak keras saar di iris, itu artinya singkong masih segar. Itulah cara pembuatan keripik singkong yang sangat mudah. Coba praktekan sendiri di rumah dan lihat hasilnya sendiri. ;)