Wasit Pemimpin Indonesia Vs Bahrain Dikritik Jurnalis Asing

by
March 1st, 2012 at 2:42 am

Kepemimpinan wasit Andre El Haddad dalam laga Bahrain melawan Indonesia dalam laga kualifikasi Pra Piala Dunia 2014 Grup E Zona Asia di Stadion Nasional Manama, Rabu (29/2/2012) malam, menjadi sorotan para penggemar sepakbola. Tidak hanya masyarakat awam, para jurnalis lokal maupun asing juga menyampaikan kritikannya.

Melalui Twitter, beberapa jurnalis asing mengutarakan kritik seputar kepemimpinan wasit asal Lebanon tersebut. Maklum saja, hukuman empat tendangan penalti dalam pertandingan tersebut terasa mengherankan. Dimana tiga diantaranya diberikan oleh El Haddad di babak pertama, dengan dua diantaranya berbuah gol.

Salah satu jurnalis dari Sport Illustrated, Grant Wahl, menyampaikan kritikannya kepada wasit El Haddad melalui akun Twitternya. “Bahrain harus mencetak kemenangan dengan selisih sembilan gol untuk melangkah ke babak selanjutnya. Mereka mendapatkan hadiah berupa kartu merah pada menit kedua dan dua buah penalti. Siapa yang menyaksikan pertandingan ini? Mencurigakan?” tulis Wahl pada akun twitternya @GrantWahl.

Memang dalam tayangan ulang ada beberapa pelanggaran yang terlihat ganjal. Salah satunya ada pemain Bahrain yang sengaja menjatuhkan diri di kotak penalti Indonesia. Keputusan wasit El Haddad memberikan hadiah penalti inilah yang membuat pertandingan tersebut kontroversial.

Sebelumnya, kepemimpinan wasit El Haddad dalam pertandingan antara Singapura dengan China juga mendapat banyak kiritkan. Singapura yang tadinya unggul 1-0 atas China dihukum dengan tendangan penalti untuk China. Tidak hanya satu kali tapi dua kali, dimana hadiah tendangan penalti itu berhasil dimanfaatkan oleh China untuk menyamakan kedudukan.

Setelah menyamakan kedudukan, China nampaknya mulai bersemangat sedangkan mental Singapura anjlok. Pada menit ke-73 China berhasil menambah gol yang dicetak oleh Yu Hai. Alhasil pertandingan berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan China.

Telepas dari semua itu, pertandingan kualifikasi Pra Piala Dunia 2014 antara Bahrain dengan Indonesia, akhirnya dimenangkan Bahrain dengan skor telak 10-0. Tapi meskipun menang, Bahrain tidak bisa lolos kebabak berikutnya karena pertandingan antara Iran melawan Qatar berakhir imbang 2-2.

Perwakilan Grup E Zona Asia kini telah meloloskan dua tim untuk melaju ke babak selanjutnya yakni, Iran dan Qatar. Sementara Indonesia terpuruk di posisi keempat dengan poin kosong atau tanpa kemenangan sekalipun.

Sumber.

Comment di sini