CiriCara: Cara Memakai Kondisioner Yang Benar

by
March 2nd, 2012 at 8:02 am

Penggunaan kondisioner pada rambut dianggap tidak begitu penting. Itulah sebabnya tidak banyak wanita yang tahu cara memakai kondisioner yang benar. Akibatnya ada yang mengaku kalau rambut mereka menjadi lepek setelah memakai kondisioner.

Jika rambut Anda menjadi lepek dan terlihat basah karena kondisioner, mungkin ada yang salah dengan cara yang Anda gunakan. Coba deh Anda cek kembali, apakah cara yang digunakan sudah benar atau belum.

Nah agar tidak salah dalam menggunakan kondisioner, lebih baik ikuti cara ini. Langsung saja simak baik-baik cara memakai kondisioner yang benar berikut ini:

1. Separuh saja.
Jangan gunakan kondisioner sampai ke pangkal rambut, karena kondisioner akan memberi berat tambahan pada rambut dan menyebabkannya nampak lepek dan tipis. Oleskan dari tengah ke ujung rambut.

2. Untuk rambut yang diwarnai.
Rambut yang diwarnai, butuh perlakukan khusus. Sebelum keramas, aplikasikan leave-in conditioner pada rambut saat masih kering. kemudian Anda bisa melakukan keramas seperti biasanya, dan membutuhkan kembali kondisioner setelah membilasnya. Leave-in conditioner akan melindung rambut Anda saat dicuci dengan sampo.

3. Pilih samponya.
Pilih sampo yang berbasis krim, dan tidak mengandung deterjen, karena deterjen akan membuat rambut kering dan berat. Untuk kondisioner, pilih yang memiliki kandungan protein dan ceramide, asam lemak yang sangat bermanfaat untuk melembabkan rambut.

4. Bantu dengan sisir.
Fungsi menyisir rambut adalah untuk membantu kondisioner meresap ke dalam folikel rambut. Saat disisir rambut akan merenggang, dan saat inilah kondisioner bisa masuk dengan lebih mudah ke folikel rambut.

5. Masker tetap penting.
Kondisioner hanya berfungsi menutup kembali folikel rambut yang terganggu karena proses keramas dengan sampo, namun untuk nutrisi rambut Anda butuh perawatan tambahan yang dilakukan secara berkala 1 minggu hingga 1 bula sekali. Makanya harimask dan hairspa tetap dibutuhkan agar rambut tetap sehat.

Itulah cara yang benar menggunakan kondisioner. Apakah Anda sudah menggunakan kondisioner dengan cara-cara tersebut?