CiriCara: Cara Membuat Antibiotik Alami

by

Kita sering membeli obat antibiotik di toko obat atau apotek, tanpa tahu apa bahan pembuatnya. Tanpa kita sadari ternyata di sekitar kita ada bahan-bahan alami yang bisa befungsi sebagai antibiotik bagi tubuh. Apa saja?

Obat antibiotik biasanya digunakan untuk meringankan atau mencegah infeksi pada luka. Dengan obat antibiotik ini, penyebaran kuman bisa teratasi. Ternyata ada juga bahan alami yang bisa digunakan untuk membuat obat antibiotik.

Berikut bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk antibotik alami. Simak baik-baik yah..!! :)

1. Minyak Oregano

Beberapa studi dan penelitian mengklaim kalau minyak oregano adalah rajanya antibiotik alami. Minyak oregano ini memiliki manfaat antibiotik yang sangat kuat dibanding bahan yang lainnya. Minyak oregano mampu membunuh 90% bakteri pneumococcus dan bakteri lainnya. Anda tidak perlu susah-susah meraciknya, karena bahan ini sudah berbentuk minyak.

2. Ekstrak Daun Zaitun.

Daun Zaitun dikenal juga sebagai alternatif antibiotik alami lain, yang sangat ampuh menangani virus. Drs O dan B. Lee dari Department of Biomedical Science di CHA University Korea menemukan bahwa daun zaitun ini berpotensi besar melawan serangan virus dan mikroba serta radikal bebas. Cara mengolahnya, tumbuk daun zaitun sampai hancur dan halus seperti krim.

3. Bawang Putih

Sebagian dari Anda mungkin sudah tahu bahwa bawang putih adalah antibiotik alami yang ramah dan mudah ditemukan di dapur. Kandungan potasium dan germaniumnya sangat baik untuk pencernaan. Bawang putih juga mengandung zat yang komposisinya mirip dengan sulfur, yang diberi nama allicin. Zat tersebut dapat memacu immune tubuh. Dengan begitu sistem kekebalan tubuh akan meningkat.

Tak heran bila menu Chinese food banyak mengandalkan bawang putih sebagai bumbu dasarnya.

Itulah bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk antibiotik atau obat anti infeksi. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencoba membuatnya di rumah?


comments powered by Disqus

Leave a Reply