CiriCara: Cara Menyimpan Bahan Makanan Agar Tetap Awet

by

Proses menyimpan bahan makanan yang tepat akan menjamin keamanan dan rasa yang lezat bahan tersebut untuk dikonsumsi. Karenanya, jika Anda ingin agar stok bahan makanan Anda tetap awet dan segar, pelajari dahulu cara menyimpan bahan makanan yang baik.

Awet atau tidaknya bahan makanan juga dipengaruhi oleh cara kita menyimpannya. Jika kita menyimpannya dengan benar, maka kemungkinan besar bahan makanan tersebut akan awet dan bisa bertahan lama. Apakah kamu sudah tahu cara menyimpan bahan makanan yang benar itu?

Jika kamu belum mengetahui caranya, berikut ada cara menyimpan bahan makanan yang benar. Langsung saja simak baik-baik cara berikut ini:

1. Siapkan bungkus baru untuk menyimpan.
Simpan ulang bahan makanan kering seperti beras, kacang, dan makanan kering lainnya. Masukkan bahan makanan tersebut dalam wadah plastik atau metal setelah Anda membuka pembukusnya.

2. Tulis keterangan pada setiap wadah.
Beri label nama semua bahan makanan yang Anda simpan di dalam wadah plastik atau metal. Jangan lupa berikan tanggal kapan pertama kali Anda membukanya dan tanggal kadaluwarsa yang tercetak dalam wadah kemasan.

3. Tutup rapat bungkus penutup.
Jika Anda tidak dapat menyimpan beberapa bahan makanan ke dalam wadah plastik atau metal (misalnya produk susu bubuk atau cereal), Anda harus memastikan bahwa Anda menutup kertas/plastik pembungkus dengan rapat. Gunakan perekat atau karet untuk menjaga agar makanan tidak banyak bersentuhan langsung dengan udara dan mencegah hewan kecil masuk ke dalamnya.

4. Simpan di lemari.
Jika disimpan di lemari sebaiknya, susun produk dengan sistem ‘beli pertama, keluar pertama.’ Maksudnya, letakkan produk yang Anda beli paling awal di bagian depan, sehingga memudahkan Anda saat mengambilnya dan menjaga agar produk tersebut tidak kadaluwarsa sebelum digunakan.

5. Menyimpan kentang dan bawang merah (bahan makanan dari tanah)
Simpan kentang dan bawang merah pada daerah yang gelap. Jika tidak ada tempat dengan kriteria tersebut, Anda bisa memasukkan bawang merah ke dalam kantong jala dan menggantungnya. Untuk kentang, Anda bisa menutupnya dengan karung goni sehingga terhindar dari cahaya dan mencegah tunas-tunas tumbuh pada kentang.

6. Cek kebersihan tempat penyimpanan.
Jangan lupa untuk membersihkan lemari atau bagian dapur tempat Anda menyimpan berbagai bahan makanan. Cek kardus-kardus bahan makanan, apakah ada bekas gigitan tikus atau tidak. Cek tanggal kadaluwarsa dan kelayakan makanan. Jika Anda menemukan susu bubuk menggumpal atau perubahan warna, segera bersihkan dan buang agar tidak mencemari bahan makanan lain.

Bagaimana, mudah bukan? ;)


comments powered by Disqus

Leave a Reply