4 Cangkir Kopi Per Hari Bisa Cegah Depresi

by
March 6th, 2012 at 6:07 am

Selain bisa menghilangkan rasa kantuk, minum kopi di pagi hari juga bisa membantu menyingkirkan depresi. Minum kopi di pagi hari menurut sebagian orang juga bisa mendongkrak energi dan menambah semangat.

Sebuah penelitian mengungkapkan, seorang wanita yang meminum empat cangkir kopi sehari atau lebih menjadi tidak mudah depresi atau merasa tertekan. Jadi, benar ternyata kopi bisa menjadi obat antidepresan.

Para ilmuwan dari Universitas Harvad mengatakan, kafein yang ada dalam kopi merupakan antidepresan alami, terutama bagi kaum wanita. Mereka yang meminum empat cangkir sehari lima kali lebih tahan terhadap depresi.

Sedangkan mereka yang hanya meminum dua sampai tiga cangkir sehari mengurangi resiko terkena depresi sekitar 15 persen. Jadi, ketimbang meminum pil antidepresan, lebih baik Anda minum dua cangkir kopi sehari.

Para ilmuwan bahkan menjamin di masa depan kopi dapat dijadikan obat antidepresan. Selain itu, kopi juga terbukti menjadi obat pencegahan yang baik untuk Alzheimer, kanker prostat, asam urat dan bahkan meningkatkan kekuatan otak.

Namun, meskipun terbukti kopi bisa menjadi obat antidepresan yang alami Anda harus tetap memperhatikan kadar konsumsinya. Ingat, segala sesuatu yang berlebih itu tidaklah baik. Apalagi kopi dalam kadar tertentu bisa meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah.

Itulah sebabnya, Anda harus tetap waspada agar tidak berlebihan dalam mengkonsumsi kopi setiap harinya. Ingat ada manfaat pasti ada juga kerugiannya. ;)

Comment di sini