CiriCara: Cara Cerdas Gunakan Uang

by
March 6th, 2012 at 6:51 am

Mengatur keuangan tidaklah semudah yang kita bayangkan. Dibutuhkan keberanian dan kejelian ekstra dalam menggunakan uang. Meskipun itu adalah uang hasil kerja Anda sendiri, tapi tetap saja Anda tidak boleh seenaknya menggunakan uang tersebut.

Jika Anda terus-terusan menggunakan uang tanpa diatur, maka uang Anda bisa saja habis. Perlu langkah cerdas agar semua hal tersebut tidak benar-benar terjadi. Jika Anda ingin menggunakan uang Anda, sebaiknya ikuti beberapa cara berikut ini:

1. Tetapkan batas keuangan.
Ketika seseorang berpindah ke sebuah lingkungan tertentu, mereka terkadang wajib berperilaku seperti tetangganya untuk membeli mobil, pakaian dan gaya hidup sama. Kebiasaan ini berbahaya karena membuat pengeluaran Anda lebih besar dari pendapatan.

Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda harus bisa menetapkan batas keuangan Anda. Pikirkan dahulu apakah Anda benar-benar mampu atau tidak untuk hidup sama seperti tetangga Anda. Jika dirasa tidak mampu, sebaiknya jangan ikuti mereka. Karena batas keuangan Anda dan tetangga Anda berbeda.

2. Putuskan apa yang penting.
Fokus pada pengeluaran Anda, Belanjakan uang Anda dengan bijak. Jangan memaksakan diri mengeluarkan uang untuk hal yang terkesan karena status sosial saja. Pikirkan kebutuhan pokok jangan hanya memikirkan kebutuhan diri sendiri saja. Beli barang yang benar-benar berguna bukan untuk kesenangan hati saja.

3. Buat anggaran.
Kelola keuangan yang mencerminkan prioritas. Jaga tagihan bulanan agar tidak membengkak. Buatlah daftar anggaran setiap bulannya dan evaluasi setiap akhir tahun. Apakah uang Anda keluar untuk hal yang tepat atau tidak.

4. Gunakan imajinasi.
Anda bisa menikmati kesenangan dari kesederhanaan. Misalnya menghabiskan beberapa hari bersantai di pantai daripada mengambil kamar suite di hotel berbintang lima atau mengundang teman-teman ke rumah dengan suguhan pasta segar, salad dan roti Italia daripada menghabiskan malam di sebuag klub dan bar.

Itulah cara cerdas menggunakan uang agar tidak boros. Dengan melakukan cara-cara tersebut besar kemungkinan keuangan Anda akan lebih terkontrol dan terjaga. Dana jangan lupa juga untuk menabung uang untuk bekal masa depan nanti. Sekarang giliran Anda mencobanya sendiri. ;)

Comment di sini