Inilah 5 Perangkat Dapur Yang Penuh Bakteri

by
March 6th, 2012 at 4:11 am

Dapur adalah tempat Anda menyimpan dan mengolah bahan makanan yang akan dikonsumsi. Karenanya kebersihan dapur harus terjaga dengan baik agar keluarga tetap sehat. Tapi tanpa Anda ketahui sebenarnya ada 5 perangkat dapur yang penuh dengan bakteri.

Dapur bisa saja menyimpan ribuan zat dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Ada banyak tempat yang sering dijadikan tempat berkumpulnya bakteri. Termasuk juga disetiap perangkat dapur yang Anda gunakan.

Berikut ada lima perangkat dapur yang menjadi tempat penuh bakteri. Langsung saja simak baik-baik penjelasan berikut.

1. Sponge Pencuci Piring
Sponge yang digunakan untuk mencuci piring ternyata menjadi alat yang penuh dengan bakteri. Sponge ini mengandung kuman, ragi dan bakteri 150 kali lebih banyak dari gagang sikat gigi. Secara umum, bakteri yang ada pada sponge tidak membuat Anda sakit.

Tapi beberapa bakteri seperti salmonella dan E. coli dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Untuk mengatasinya, panaskan sponge Anda selama dua menit di microwave dan menggantinya setiap dua minggu sekali.

2. Laci Sayuran di Kulkas.
Laci sayuran di lemari es yang sering digunakan untuk menyimpan bahan makanan juga mengandung banyak bakteri. Bahkan laci sayuran mengandung bakteri yang berbahaya seperti E. coli, Salmonella dan Listeria. Laci sayuran dapat mengandung bakteri 750 kali lipat jumlahnya dibandingkan tempat lain.

Cara mengatasi hal tersebut adalah dengan membersihkan laci sayuran tersebut secara rutin. Meski pertumbuhan bakteri bisa dihambat oleh suhu dingin lemari es, pembersihan tetap harus dilakukan.

3. Talenan.
Talenan juga merupakan perangkat dapur yang penuh bakteri. Karenanya hindari memotong sayuran rebus di atas talenan yang habis digunakan untuk membersihkan sisik ikan. Alasannya, bakteri daging, ayam dan ikan dapat mengontaminasi makanan segar atau sudah matang. Lebih baik Anda memiliki talenan yang berbeda untuk makanan mentah dan manakan yang sudah dimasak.

4. Lap Dapur.
Lap dapur menjadi tempat berkumpulnya bakteri MRSA (methicillin resistant staphylococcus aureus), E. Coli dan bakteri berbahaya lainnya. Untuk mencegah kontaminasi dan penyebaran kuman lebih luas, sebaiknya hanya pakai lap dapur untuk satu kegunaan saja.

5. Wastafel.
Lubang pembuangan air di wastafel merupakan salah satu sumber penyakit di dapur. Sisa-sisa makanan merupakan faktor penyebab timbulnya bakteri seperti E. coli dan Salmonella. Untuk mencegahnya, usahakan kebersihan wastafel, mulai dari permukaan hingga lubang pembuangan dengan cairan pemutih.

Comment di sini