Inilah Peran Penting Ejaan Nama Dalam Karir Anda

by
March 6th, 2012 at 7:34 am

Siapa bilang persoalan nama tidaklah penting dalam dunia kerja. Ternyata berdasarkan hasil studi dari Melbourne dan Universitas New York menemukan bahwa orang yang memiliki nama mudah dieja dan mudah didengar telinga, akan lebih memiliki prospek naik jabatan.

Jika Anda seringkali gagal mendapatkan pekerjaan ataupun promosi mungkin itu disebabkan karena nama Anda. Para psikolog melakukan tes untuk membuktikan bahwa nama yang mudah dieja, membuat kesan positif pada seseorang.

Dalam tes tersebut, mereka menemukan para peserta test lebih memilih menggunakan nama seperti Smith dan Gant daripada Colquhon dan Farquharson. Itu artinya, nama yang mudah dieja lebih bisa diterima dan diingat oleh orang.

Para peneliti juga melakukan studi pada 500 lulusan sekolah hukum dengan tahun akademis yang sama, studi tersebut menemukan bahwa lulusan dengan nama yang lebih mudah dieja, lebih mudah pula mendapatkan posisi senior pada firma mereka.

Dr adam Alter, salah seorang penelitian mengatakan kepada Jurnal Ekperimental Psikologi Sosial, bahwa proses pemikiran manusia adalah bias tersembunyi. Tidak ada yang menyadari bahwa nama dapat mempengaruhi keputusan dan pilihan kita.

Dia juga menambahkan, orang lebih tertarik dengan nama yang terdengar familiar di telinga mereka, atau mengenali orang berdasarkan negara asal atau latar belakang mereka.

Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa kebanyakan orang menilai kesuksesan dan daya tarik berdasarkan nama. Mungkin itulah sebabnya mengapa Inggris memiliki Tony dan Dave sebagai perdana menteri, atau Newt dan Mitt yang kini berlomba-lomba untuk menjadi calon Presiden Amerika Serikat. Karena nama mereka mudah dieja dan simpel.

Di Indonesia, terbukti nama Udin yang simpel dan familiar ini ternyata membawa “hoki” buat orang yang menyandangnya. Lihat saja nama “Udin Sedunia” yang tiba-tiba heboh lewat sebuah video di YouTube. Kini dia telah menjadi pemain sinetron di salah satu stasiun televisi swasta. Tentunya dia juga lebih mudah dikenal karena namnya yang familiar tersebut ;) wew!

Ternyata, nama yang pasaran atau familiar di telinga bisa membawa untung juga yah. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mengubah nama kamu? :D

Mungkin kamu juga bisa merubah nama kamu menjadi Udin, Udinah atau Udin-udin yang lainnya. Siapa tahu setelah ganti nama, kamu bisa langsung ngetren dan jadi artis. :D ha ha ha

Comment di sini