CiriCara: 3 Cara Otak Membaca Tulisan Acak

by
March 7th, 2012 at 9:49 am

Otak manusia pada dasarnya mempunyai fungsi untuk berpikir dan menilai. Itulah sebabnya kita bisa memperhatikan dan membaca tulisan. Bahkan, tulisan yang aneh atau acak sekalipun otak tetap bisa membacanya. Lalu bagaimana hal ini bisa terjadi?

Otak manusia bagai “mesin pemecah kode” yang mempunyai pola pikir tersendiri. Otak kita akan mampu membaca suatu tulisan dengan mudah walaupun ada beberapa huruf dalam tulisan tersebut yang tersusun secara acak atau mungkin diganti dengan simbol lain semisal angka.

Tidak percaya otak kita bisa membaca tulisan acak? Coba saja lihat dan cermati tulisan berikut ini.

Ap4k4h K4mu Daapt Memb4c4 7ul1s4n 1n1? Saya yakin tentu kamu bisa membaca dan bahkan memahami apa maksud dari tulisan tersebut. Jika benar, itu artinya otak kamu masih bekerja.

Berikut adalah cara otak membaca tulisan acak menurut para ilmuwan:

1. Konteks kalimat.
Setiap negara mempunyai konteks kalimatnya masing-masing. Koteks kalimat adalah susunan kata dan huruf yang benar dan sudah ditetapkan dalam aturan berbahasa. Jika sebelumnya otak kita sudah mengetahui konteks yang benar, maka otak akan tetap bisa membaca konteks kalimat yang acak atau salah. Secara otomatis otak akan merubah konteks yang salah itu ke konteks yang benar.

Misalnya, tulisan “kenapa bisa begitu?” adalah konteks yang benar, maka ketika otak kamu membaca kalimat “k3n4p4 b1s4 b3g1tu?” pasti otak langsung mencocokan ke kalimat yang benar. Jadi, pada dasarnya cara otak membaca tulisan acak adalah berdasarkan konteks kalimat yang benar yang sudah pernah dipelajari saat sekolah.

2. Kemiripan bentuk.
Menurut studi yang dilakukan pada tahun 2007 oleh ilmuwan kognitif di Spanyol menemukan bahwa otak membaca tulisan acak atau aneh karena ada kemiripan bentuk. Misalnya, huruf “A” dengan angka “4,” keduanya memiliki bentuk yang hampir sama itulah sebabnya otak bisa membaca tulisan tersebut.

Hal ini menunjukan bahwa penampilan angka atau simbol yang seperti huruf, memiliki pengaruh yang kuat pada otak kita daripada status mereka sebagai angka atau simbol. Sehingga otak kita akan menggapnya sebagai huruf dan bukannya angka.

3. Kekuatan ingatan.
Otak manusia bagai memori yang menyimpan berjuta atau bahkan bermiliyaran ingatan dan pembelajaran. Otak akan mengingat semua hal termasuk cara membaca dan membuat tulisan yang benar atau salah. Tanpa mengingat pelajaran mengeja sewaktu SD, otak tidak akan bisa membaca meski tulisan tersebut tersusun secara benar.

Itulah sebabnya zaman sekarang muncul tulisan 4l4y. Entah itu di status Facebook, twitter atau pesan singkat SMS, BBM dan chating.

Comment di sini