CiriCara: Cara Membina Relasi Kerja

by
March 7th, 2012 at 3:30 am

Mempunyai banyak relasi kerja bisa membawa keuntungan tersendiri dalam kehidupan karir Anda. Jika punya relasi kerja yang baik, akan membantu Anda untuk membangun lingkaran teman-teman baru. Peluang untuk memajukan karir Anda juga akan lebih terbuka.

Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan tersebut, maka Anda harus bisa membina relasi kerja dengan baik. Membina relasi kerja adalah bagian dari usaha membangun dan memajukan karir. Jika bisa membina relasi dengan baik, maka peluang untuk meningkatkan karir semakin besar.

Nah agar Anda bisa membina relasi kerja, sebaiknya pelajarilah strateginya. Berikut ada beberapa strategi atau cara membina relasi kerja yang bisa Anda coba.

1. Buat reputasi yang baik.
Anda perlu mengerjakan pekerjaan sabaik mungkin setiap saatnya. Ini adalah cara agar Anda bisa dikenal sebagai karyawan yang bereputasi baik. Karenanya bekerjalah secara profesional. Tunjukan bahwa Anda bisa diandalkan dan antusias dalam bekerja untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Bersiaplah.
Persiapkan diri dengan sebaik mungkin jika berniat melamar pekerjaan baru di suatu perusahaan. Caranya, mencari tahu terlelbih dahulu kandidat seperti apa yang mereka inginkan. Pelajari seperti apa reputasi para pekerjanya dan perusahaan tersebut agar Anda dapat menyesuaikan resume dan keahlian Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka.

3. Menghadiri acara perusahaan.
Agar bisa mendapatkan relasi kerja yang banyak adalah dengan menghadiri acara-acara yang diadakan perushaan. Ketika ada peluang untuk menjadi sukarelawan dan berintaraksi dengan perusahaan lain muncul, tak ada salahnya untuk melakukannya. Ini akan memudahkan Anda dikenal oleh karyawan lain.

4. Jaga penampilan dan sikap.
Saat menghadiri pertemuan dengan beberapa relasi kerja, berbusana dengan rapi dan sopan perlu diterapkan. Anda juga perlu jaga sikap, jangan sampai di acara itu Anda melakukan kesalahn yang memalukan. Ini bisa mencemarkan nama baik Anda dan perusahaan.

5. Tetap jaga silaturahmi dengan teman lama.
Saat masih sekolah maupun kuliah, tentunya Anda memiliki banyak teman. Baik itu yang seumuran, senior atau guru dan dosen. Ketika sudah lulus dan memasuki dunia kerja sebaiknya Anda tetap menjaga silaturahmi dan berkomunikasi dengan mereka. Jangan sampai kehilangan kontak. Karena bisa jadi mereka bisa membantu Anda.

Lakukanlah kelima cara membina relasi kerja di atas. Dijamin Anda akan mendapatkan banyak relasi kerja yang pro dengan Anda. ;)

Comment di sini