CiriCara: Cara Memotret Foto Menggunakan iPhone

by
March 7th, 2012 at 7:51 am

Memotret suatu objek dengan menggunakan kamera iPhone tidak boleh sembarangan. Jika ingin mendapatkan hasil yang bagus, kamu perlu tahu cara memotret yang benar. Meski terlihat mudah, tapi memotret dengan menggunakan iPhone tetap ada aturannya.

Apakah kamu termasuk orang yang gemar memotret dengan iPhone dan ingin mendapatkan hasil jepretan yang bagus? Pahami dulu trik dan caranya. Jika sudah tahu trik dan cara yang benar, dijamin hasilnya akan terlihat lebih bagus.

Berikut ada beberapa trik atau cara untuk memaksimalkan kamera iPhone agar bisa memotret dengan hasil yang bagus. Langsung saja simak trik dan cara berikut ini:

1. Jepret foto dengan headphone.
iOS 5 mengenalkan kenyamanan menjepret foto dengan memakai button volume up. Dengan fitur ini, pengguna bisa mencolokkan headphone-nya dan memakai tombol di headset sebagai remote shutter kamera.

Dengan cara ini memungkinkan pengambilan gambar jadi lebih stabil dan fleksibel. Dengan menempatkan iPhone di tripod dan pemakaian headphone untuk mengaktifkan shutter, aksi memotret akan terasa lebih menyenangkan.

2. Kunci fokus dan eksposure.
Jika melakukan tap di layar, maka iPhone akan secara otomatis menentukan fokus dan exposure. Namun, masalah akan muncul saat pengguna melakukan gerakan terlalu banyak. Kamera akan mencari fokus kembali serta mencari tingkat pencahayaan lagi.

Untuk mengunci fokus di obyek, lakukan tap dan tahan hingga ‘AE/AF Lock’ muncul. Dengan ini, jika pengguna melakukan gerakan berlebihan untuk mengubah komposisi foto, maka fokus dan eksposure akan tetap terkunci. Mudah bukan? :)

3. Gunakan grid dan aturan ‘rule of thirds’
Mengabadikan foto dengan aturan ‘rule of thirds’ lebih mudah dilakukan dengan memakai grid yang ada. Lakukan ini dengan menge-tap ‘Options’ > Grid ON > Done.

4. Cropping.
Cropping biasanya dilakukan untuk mengubah komposisi foto dan iPhone kini sudah memiliki tool cropping secara buit-in. Dan berikut langkah atau cara cepat menggunakannya:
- Buka foto dari photo gallery
- Kemudia zoom dan pindahkan foto hingga berada di komposisi yang diinginkan.
- Tahan tombol home dan tekan tombol lock untuk mengambil screenshot.
- Foto yang sudah dicrop akan muncul di sebelah foto asli di camera roll.

Bagaimana, mudah bukan caranya memotret dengan iPhone? Jika keempat cara tersebut diterapkan dengan benar, pasti hasil foto yang kamu potret akan lebih bagus.

Comment di sini