CiriCara: Ciri-ciri Anda Sedang Mengandung

by
March 7th, 2012 at 2:01 am

Kesehatan janin ibu hamil harus dijaga dengan baik sejak masa kehamilan itu datang. Agar lebih terjamin kesehatannya, Anda harus tahu kapan masa kehamilan itu datang. Jika tidak mau repot bolak-balik pergi ke dokter kandungan, Anda bisa cari tahu melalui gejala yang terlihat pada perubahan fisik Anda.

Seorang wanita yang mengalami masa kehamilan akan mengalami beberapa gejala. Coba simak gejala berikut, bila seluruhnya dirasakan oleh Anda saat ini, kemungkinan besar Anda memang sedang mengandung.

Berikut gejala-gejalanya:

1. Napas terengah-engah.
Jika Anda mudah terengah-engah atau napas terasa berat saat naik tangga, padahal biasanya tidak, ada kemungkinan Anda sedang hamil. Ini disebabkan karena janin juga membutuhkan oksigen. Alhasil, Anda pun kerap kehabisan napas. Gejala ini akan berlangsung sepanjang masa kehamilan.

2. Payudara membesar.
Jika ukuran payudara Anda membesar, daerah areola menghitam, dan terlihat lebih banyak pembuluh darah di dada, ini adalah tanda awal kalau Anda hamil. Sebaiknya gunakan bra yang tepat agar tetap nyaman.

3. Mual.
Sebagian besar perempuan hamil mengalami mual di pagi hari. Bahkan, mereka mengalami ini hingga enam pekan. Ada juga yang mengalami tidak hanya pagi, tetapi juga sore dan malam hari. Untuk mengatasi rasa mual ini biasakan mengkonsumsi makanan ringan seperti biskuit dalam porsi kecil tapi sering.

4. Sering buang air kecil.
Jika tiba-tiba selalu merasa ingin buang air kecil di malam hari, siap-siap, inilah tanda Anda sedang hamil. Selama hamil, tubuh akan memproduksi banyak cairan yang nantinya akan memenuhi kandung kemih.

5. Sakit kepala
Sakit kepala juga bisa menjadi ciri atau tanda kalau Anda hamil. Nah, agar tidak berakibat fatal pada janin yang dikandung, sebaiknya perhatikan obat sakit kepala yang diminum. Pastikan di obat itu tidak ada larangan dikonsumsi untuk ibu hamil. Untuk lebih pastinya segera cek ke dokter.

6. Sakit punggung.
Jika tiba-tiba Anda mengalami sakit punggung, ada kemungkinan Anda hamil dan mengalami masalah dibagian ligamen. Harap maklum juga bila ini akan Anda alami selama masa kehamilan. Seiring dengan kehamilan yang makin membesar, titik gravitasi tubuh Anda pun akan berubah.

7. Kram.
Ini gejala menstruasi atau kehamilan? Sulit dibedakan memang. Namun, bila benar kram di bagian bawah perut, mungkin saja kandungan Anda sedang mempersiapkan diri menerima kedatangan bayi.

8. Nafsu makan meningkat atau menurun.
Tiba-tiba Anda selalu ingin makan rujak atau ikan membuat Anda mual. Bila Anda mulai bermasalah dengan makanan, mungkin saja tubuh Anda sedang memberitahu bahwa Anda hamil.

9. Konstipasi atau perut membesar.
Ini ciri-ciri orang hamil yang paling bisa dilihat. Jika Anda mulai merasakan tubuh sedikit membesar atau mengalami kesulitan buang air besar, mungkin saja ini ada kaitannya dengan tambahan hormon progesteron. Hormon ini memang menurunkan sistem pencernaan.

10. Mudah lelah.
Ibu hamil akan lebih mudah lelah karena ada janin di dalam rahimnya. Selain karena harus membagi oksigen dengan janin, berat badan ibu hamil juga akan bertambah itulah sebabnya dia akan mudah lelah.

Bagaimana, apakah Anda sudah mengalami gejala-gejala tersebut? Jika iya, kemungkinan Anda sedang hamil.

Comment di sini