CiriCara: Cara Alami Mengobati Penyakit Batu Ginjal

by
March 8th, 2012 at 4:05 am

Penyakit batu ginjal bisa menyerang siapa saja, terutama bagi mereka yang mempunyai pola hidup tidak sehat. Batu ginjal sendiri bisa dipicu oleh berbagai faktor misalnya, asupan air yang kurang. Lalu apa yang harus dilakukan jika sudah terkena batu ginjal?

Penyembuhan penyakit batu ginjal tidak harus diobati dengan cara operasi. Dalam berbagai kasus, langkah operasi mungkin memang diperlukan, tetapi sebagian besar masalah batu ginjal bisa dipecahkan dengan cara yang lebih mudah.

Jika memang penyakit batu ginjal yang Anda derita belum begitu parah, pengobatan alami bisa menjadi solusi penyembuhannya. Nah, berikut ada beberapa cara sederhana dan alami untuk mengobati batu ginjal:

1. Minum Banyak Air.
Selain bisa mengalami dehidrasi, asupan air yang kurang juga bisa menyebabkan orang mengalami batu ginjal. Karenanya untuk mencegah atau menghilangkannya, Anda perlu minum banyak air. Minum minimal dua liter air setiap hari agar batu ginjal itu hilang. Air akan melarutkan racun, termasuk batu ginjal keluar dari tubuh.

2. Makan Semangka atau Melon.
Buah semangka mengandung zat yang sangat baik untuk ginjal. Selain semangka, melon juga bisa dijadikan alternatif sebagai buah yang harus rutin dikonsumsi. Buah tersebut bisa dimakan langsung atau dijus. Lebih baik lagi konsumsi buah yang memang masih segar.

3. Minyak Zaitun dan Jus Lemon.
Campur minyak zaitun dan jus lemon dengan perbandingan yang sama dan minum secara teratur. Ramuan ini banyak digunakan di seluruh dunia dan mampu membantu mengurangi keluhan ginjal dalam waktu 24 jam. Lebih baik minum ramuan ini pada malam hari, tepat sebelum tidur.

4. Olahraga Teratur.
Olahraga memang menyehatkan. Selain itu, olahraga juga bisa digunakan untuk penyembuhan batu ginjal. Dengan olahraga tubuh akan mengeluarkan racun melalui keringat. Secara perlahan racun yang menyebabkan batu ginjal akan berkurang. Sebaiknya lakukan olahraga setidaknya tiga puluh menit setiap hari.

5. Perbanyak Konsumsi Herbal.
Beberapa bahan hermal seperti bunga dandelion atau buchu sangat baik untuk melawan batu ginjal. Secara umum, batu ginjal dapat diobati dengan pengaturan diet serta cukup olahraga.

Sebaiknya, Anda juga menghindari beberapa makanan yang menjadi pantangan. Hindarilah makanan seperti, gula, makanan cepat saji dan makanan olahan, alkohol, soda, dan kafein. Jangan lupa juga untuk kurangi makan daging. Karena makanan-makanan tersebut tidak baik untuk ginjal.

Tidak hanya itu, makanan yang mengandung oksalat juga harus dihindari. Diantaranya, bayam, kacang-kacangan, cokelat, blueberry dan bit. Karena ini akan mempengaruhi fungsi kerja ginjal Anda.

Comment di sini