CiriCara: Cara Aman Pakai Kosmetik Saat Berjerawat

by
March 8th, 2012 at 7:58 am

Sebagai seorang wanita, berdandan dan menggunakan kosmetik setiap hari adalah hal yang wajib dilakukan. Semua itu dilakukan agar bisa tampil cantik setiap hari. Tapi, apa jadinya jika kulit wajah sedang didera masalah jerawat. Bolehkah tetap menggunakan kosmetik?

Berdandan dan menggunakan berbagai macam kosmetik saat kulit wajah berjerawat bisa menyebabkan jerawat semakin parah. Karenanya Anda harus waspada. Jangan sampai ingin tampil cantik tapi malam memperburuk kulit wajah Anda.

Nah, bagi Anda yang ingin berdandan tapi tetap aman saat kulit berjerawat, mungkin cara berikut bisa membantu. Silahkan simak baik-baik cara memakai kosmetik yang aman saat berjerawat berikut ini:

1. Jangan gunakan bedak terlalu tebal.
Dengan memakai bedak, kulit wajah Anda akan terlihat lebih putih. Tapi sebaiknya gunakanlah bedak secara merata dan tipis. Ini bertujuan agar kulit tetap bisa bernapas dan kulit tidak akan kering. Karena jika tidak, jerawat bisa semakin bertambah parah.

2. Hindari pemakaian kosmetik pada jerawat secara langsung.
Cara ini bertujuan untuk menghindari iritasi pada kulit yang berjerawat dan mencegah rasa sakit. Jerawat yang memerah biasanya akan pecah dan bila terkena kosmetik atau minyak akan terasa sakit. Jika dibiarkan bisa saja kulit akan terinfeksi bahan kimia dari kosmetik yang masuk lewat jerawat tadi. Karenanya gunakanlah kosmetik secara berhati-hati.

3. Gunakan make-up yang mengandung salicylic acid.
Gunakanlah make-up yang mengandung salicylic acid dengan kandungan mineral. Make-up dengan bahan tersebut cenderung lebih aman dan tidak akan membuat jerawat semakin bertambah parah. Salicylic acid juga dapat mengurangi bekas jerawat dan menyembuhkan kulit yang teriritasi, sehingga kulit wajah Anda dapat kembali bersih. Dengan begitu Anda bisa tampil cantik sambil mengobati jerawat.

4. Pastikan kenyamanan.
Pastikan semua kosmetik yang Anda gunakan terasa nyaman dan tidak menimbulkan hal yang aneh pada kulit berjerawat Anda. Jika terasa sakit, kulit panas, atau kulit kaku segera hentikan pemakaian kosmetik tersebut.

5. Segera bersihkan.
Jika sudah tiba di rumah, segeralah untuk membersihkan kosmetik yang menempel di kulit. Biarkan kulit bernapas, dan lakukan pengobatan pada jerawat Anda agar tidak semakin parah. Pastikan kosmetik benar-benar bersih dari wajah Anda.

Itulah cara aman menggunakan kosmetik saat kulit wajah berjerawat. Perawatan yang tepat akan membuat kulit wajah Anda terlihat cantik dan bersinar. Semoga bermanfaat!! :)

Comment di sini