CiriCara: Cara Atasi Teman Yang Menyebalkan

by
March 8th, 2012 at 2:35 am

Kamu mungkin berharap punya teman yang perhatian, selalu tepat waktu dan pengertian. Namun kenyataannya, kita memiliki teman yang menyebalkan. Suka ingkar janji dan tidak tepat waktu, hingga teman yang membuat kita terpuruk pasti ada di sekeliling kita.

Tentunya, semua hal tersebut sangat menyebalkan bukan? Tapi apa yang harus dilakukan jika kenyataannya teman kamu seperti itu. Bisakah kebiasaan buruk teman kamu ini dirubah? Sebaiknya cari tahu dulu kenapa teman kamu menyebalkan.

Berikut ini ada beberapa tipe-tipe teman yang menyebalkan dan cara mengatasi mereka. Termasuk yang mana teman kamu ini?

1. Suka telat.
Apakah teman kamu suka telat datang saat kamu dan dia sedang ada acara, akhirnya terpaksa kamu harus menunggunya selama berjam-jam? Jika iya, tentu kamu meresa sebal dengannya. Agar hal ini tidak terjadi lagi, kamu harus melakukan upaya pencegahan segera.

Caranya, katakan pada teman kamu, “rasanya aku ingin meninggalkanmu kalo kamu telat.” Tanyakan padanya, kenapa dia datang terlambat. Jika dia teman yang baik, pasti dia akan meminta maaf dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

2. Teman yang egois.
Bukan hanya pacar, teman juga bisa bersifat egois dan tidak mau kalah dengan kamu. Misalnya, ketika mengobrol dia selalu mengatakan kalau pemikirannya itu selalu benar, padahal belum tentu. Menyebalkan bukan? :(

Cara mengatasinya: jangan terus-terusan mengalah. Ada saatnya kamu harus menang, jangan biarkan dia selalu merasa benar dalam segala hal. Buktikan padanya kalau tidak ada manusia yang selalu benar.

3. Suka cari perhatian (caper).
Teman yang suka cari perhatian biasanya hobi bertingkah berlebihan dalam segala hal. Misalnya, saat dia sakit selalu saja minta dijenguk dan tengok oleh teman satu sekolah atau kantor. Padahal dia hanya sakit pilek. Lebay bangets yah! :D

Cara mengatasinya: daripada terus-terusan memendam rasa kesal dalam hati, lebih baik ungkapkan saja padanya. Mintalah dia untuk bertingkah wajar, jangan seperti anak kecil. Bilang padanya semua orang butuh perhatian bukan dia saja yang butuh. :)

4. Suka berburuk sangka.
Biasanya teman yang suka berburuk sangka adalah tipe teman yang hobi bergosip. Memang berteman dengan tipe teman seperti ini tidak begitu menyebalkan, tapi bisa membawa pengaruh negatif sama kamu. Jadi sebaiknya kamu waspada! ;)

Cara mengatasinya: katakan padanya tidak semua orang selalu melakukan hal yang negatif. Jelaskan padanya berprasangka buruk sama teman sendiri itu tidak baik. Karena bisa saja ada yang merasa sakit hati dengan ucapannya itu.

5. Si pelit.
Ini mungkin menjadi teman menyebalkan yang paling sering ditemui. Si pelit yang tidak mau berbagi dengan teman-temannya. Ini sangat menyebalkan, karena kamu terus yang harus mentraktirnya makan. :D

Cara mengatasinya: jika makan bareng dengannya, lebih baik bayar masing-masing. Jangan terus-terusan mentraktirnya karena bisa saja dia ketagihan. Biarkan dia merasakan bagaimana mengeluarkan uang. Bila perlu minta dia untuk mentraktir kamu sesekali agar dia tahu bagaimana rasanya mentraktir orang lain. :)

Comment di sini