Pelamar Kerja Wajib Kasih Pasword Facebook-nya?

by
March 8th, 2012 at 9:07 am

Sejumlah perusahaan sudah menerapkan cara tertentu untuk menilai para calon karyawannya yang melamar. Di antaranya dengan mengecek aktivitas calon pekerjanya di Facebook. Namun belakangan beredar ada sebuah perusahaan yang memintai pasword Facebook calon pekerjanya. Bolehkah?

Para pelamar kerja di perusahaan tersebut dilaporkan sudah ada yang dimintai username dan password Facebooknya. Alasannya, agar pihak perusahaan bisa menyelidiki lebih jauh apa isi akun Facebook mereka secara langsung tanpa ada yang disembunyikan.

Hal ini terjadi di Maryland, tepatnya di Department of Corrections. Para pelamar pekerjaan yang mendaftar di perusahaan ini diminta untuk menyerahkan data login Facebook mereka saat sesi interview.

Pihak penginterview kemudian mengawasi pelamar yang sedang mengklik postingan wall, teman, foto dan semuanya yang seringkali disembunyikan dibawah settingan privacy. Padahal hal ini adalah bersifat pribadi dan tidak ada kaitannya dengan pekerjaan.

Beruntung kasus tersebut kini sudah dihentikan oleh American Civil Liberties Union (ACLU). Perusahaan tersebut diminta untuk tidak melakukan kesalahan tersebut.

Selain para pekerja, atlet-atlet di sejumlah universitas juga dilaporkan telah menjadi ‘korban’ pengawasan Facebook oleh sekolah dan guru mereka. Dimana para pelajar tersebut diwajibkan untuk berteman di Facebook dengan pelatih mereka dan pihak sekolah.

Sementara itu, juru bicara Facebook, Frederic Wolens, mengakui bahwa banyak sekolah dan perusahaan yang melanggar aturan situs jejaring populer tersebut. “Di bawah aturan kami, hanya pemilik alamat email dan password yang disebut sebagai pemilik akun Facebook. Kami juga melarang siapapun mengakses akun milik orang lain,” jelasnya.

Untungnya, di Indonesia kasus semacam ini belum terjadi yah. Tapi rasanya hal semacam itu tidak akan terjadi di Indonesia. Apalagi di Indonesia, hampir setiap orang mempunyai dua akun Facebook. Pasti perusahaan atau sekolah akan kembingungan buat mastiin mana yang asli… ha ha ha :D

Comment di sini