CiriCara: Ciri-ciri Orang Mengalami Stres

by

Seseorang akan mudah mengalami stres jika dia mempunyai banyak beban pikiran. Kemacetan di jalan raya juga bisa jadi penyebabnya. Tapi karena tidak begitu terlihat, stres sering kali diabaikan. Padahal jika dibiarkan, stres bisa membuat tubuh jadi tidak sehat dan akan meningkatkan tekanan batin.

Sebenarnya sama seperti penyakit lainnya. Stres yang mendera seseorang juga mempunyai ciri-ciri yang bisa terlihat pada perubahan fisik orang tersebut. Dan bisa saja tanpa disadari Anda sekarang sedang mengalami stres.

Berikut ciri-ciri orang yang mengalami stres. Simak baik-baik yah!

1. Otot Kejang.
Rasa sakit di leher setelah beberapa jam menggunakan komputer bisa jadi benar-benar gejala stres. Menurut seorang psikolog dan terapis fisik di Wexford, Pennsylvania, stres bisa mempengaruhi system muskuloskeleta (jaringan ikat) yang bisa berakibat otot menjadi kencang, berkontraksi dan atau kejang otot.

Cara mengatasi, cobalah untuk mengambil napas panjang sebanyak 5 hingga 10 kali dan fokus untuk melemaskan area yang tegang pada tubuh Anda. Setelah itu, buatlah gerakan memutar pada leher secara perlahan atau minta teman untuk memijit pundak yang tegang.

2. Kedutan Mata.
Mengalami kedutan mata juga menjadi salah satu gejala atau ciri Anda sedang stres. Untuk mengatasinya, Anda bisa menutup mata dan membayangkan hal atau tempat yang indah dan hijau.

3. Menggigit Kuku.
Biasanya kebiasaan menggigit kuku terjadi pada orang yang sedang gugup. Tapi, kebiasaan ini juga bisa menjadi tanda kalau Anda sedang stres. Ini akan sangat mengganggu saat Anda sedang interview atau bertemu seseorang.

Cara mengatasi, siapkanlah sebuah media lain untuk melepas stres Anda. Misalnya, bola atau kain yang bisa Anda remas saat stres. Ini jauh lebih baik dan sopan daripada menggigiti jari Anda sendiri.

4. Mual.
Terkadang orang yang mengalami stres akan mengalami gangguan pencernaan dan merasa mual. Misalnya saat Anda akan menghadiri suatu acara spesial tiba-tiba nafsu makan Anda jadi menurun atau bahkan mual. Padahal dalam acara tersebut makanan yang tersedia termasuk enak dan menggugah selera. Ini jelas sekali menunjukan kalau Anda sedang stres. Untuk menghilangkannya, coba aliri jari-jari Anda dengan air, karena itu dipercaya dapat mengurangi mual di perut.

5. Mudah Lupa.
Orang yang mengalami stres akan lebih mudah menjadi pelupa. Ini disebabkan karena otaknya terlalu banyak menyimpan beban pikiran. Akibatnya ada beberapa ingatan yang hilang.

Perangi tanda-tand awal stres tersebut dengan olahraga. Pergi berjalan-jalan, berlari menaiki tangga, atau menari dapat membuat otak tetap tajam dan membantu Anda untuk lebih siap dalam menghadapi saat-saat stres di kemudian hari.


comments powered by Disqus

Leave a Reply